Kegiatan Magang Pengelola Perpustakaan Sekolah 2019 di DPKD Kaltim

Samarinda,dpkd – Pengelolaan perpustakaan yang baik sesuai dengan kaidah ilmu perpustakaan tidak lepas dari kualitas petugas pengelola perpustakaan yang baik pula. Untuk memastikan hal tersebut maka pengelola perpustakaan harus selalu meningkatkan kemampuannya dengan mengikuti pembinaan maupun pelatihan. Pembinaan dan pelatihan tersebut juga dimaksudkan agar pengelola perpustakaan dapat beradaptasi dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkaitan dengan pengelolaan perpustakaan. Jika pengelola perpustakaan tidak mampu mengikuti tuntutan perkembangan jaman tersebut sudah pasti perpustakaan akan ditinggalkan oleh masyarakat.

Jumlah Perpustakaan di Kalimantan Timur cukup banyak. Meliputi Perpustakaan Umum Kabupaten/Kota/Kecamatan dan Desa/Kelurahan, Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Khusus/lnstansi. Perpustakaan Perguruan Tinggi bahkan taman bacaan yang dikelola oleh masyarakat. Untuk itu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur melalui Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Seksi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Perpustakaan memberikan kesempatan magang bagi Pengelola atau Calon Pengelola berbagai jenis Perpustakaan di daerah ini.

Magang Pengelolaan Perpustakaan dan Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Pustakawan/Calon Pustakawan dilaksanakan pada rentang Januari Desember yaitu tanggal 28 – 31  Januari 2019 bertempat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Jl. Ir. H. Juanda No. 4 Samarinda dengan maksud dan tujuan salah satunya untuk merealisasikan tugas pokok dan fungsi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur sebagai lembaga teknis pembina sumber daya manusia bidang perpustakaan dan pengembangan berbagai jenis perpustakaan.

Kesempatan Magang yang diberikan kepada Pengelola Perpustakaan atau Calon Pengelola Perpustakaan adalah untuk yang belum pernah mendapatkan kesempatan atau belum terakomodir mengikuti Bimbingan Teknis / Diklat Pengelolaan Perpustakaan yang dilakukan oleh  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur ataupun yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Umum Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur. Sementara kegiatan Magang yang diberikan kepada Pustakawan atau Calon Pustakawan  adalah untuk memberikan pemahaman tentang perhitungan Angka Kredit Pustakawan ataupun tentang teknis penyusanan DUPAK Jabatan Fungsional Pustakawan

Untuk suksesnya pelaksanaan kegiatan Magang Pengelolaan Perpustakaan dan Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Pustakawan/Calon Pustakawan telah disusun Prosedur pelaksanaannya  sehingga kegiatan seluruh rangkaian kegiatan akan terlaksana dengan lancar, sistematis dan terkoordinir dengan tahapan – tahapan oleh panitia, peserta, pembimbing praktek juga materi – materi yang diberikan kepada Pustakawan / Calon Pustakawan, yang akhirnya kegiatan Magang Pengelolaan Perpustakaan dan Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Pustakawan/Calon Pustakawan telah terlaksana dengan baik juga mendapat antusias yang bagus dan dibuat sebagai bukti pelaksanaan kegiatan Pustakawan Ahli sesuai Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor 11 Tahun 2015 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya, sekaligus diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi pelaksanaan kegiatan serupa di masa yang akan datang.(sbr/dpkd)

Check Also

Tsaltsa, Wakil Kaltim Ke Tingkat Nasional Lomba Bercerita Siswa – Siswi SD/MI Tahun 2020

Samarinda- Tsaltsa, salah satu siswa sekolah dasar (SD IT Yabis Bontang Kota Bontang, akhirnya dinyatakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *