Workshop Otomasi Perpustakaan dan Kearsipan 2019

SAMARINDA,dpkd – Kegiatan Workshop Otomasi Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Timur tahun 2019 baru saja usai yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Provinsi Kalimantan Timur. Workshop yang di gelar merupakan bagian dari tanggung jawab dan layanan DPKD Kaltim juga upaya meningkatkan wawasan dan pengetahuan serta menyamakan pendangan terhadap pola pengembangan sistem otomasi perpustakaan dan kearsipan di Kalimantan Timur.

Workshop Otomasi yang digelar DPKD Kaltim bertempat di Jl. Juanda No. 04 ruang Balai Pustaka Lantai 2 gedung Juanda dan di laksanakan secara dua tahap, tahap pertama untuk Otomasi Perpustakaan pada tanggal 22 – 23 April 2019, dan tahap kedua untuk Otomasi Kearsipan pada tanggal 29 – 30 April 2019. Dihadiri sebanyak 49 Peserta Workshop Otomasi Perpustakaan dan 59 Peserta Workshop Otomasi Kearsipan dari OPD dan Kabupaten/Kota di Kaltim

Tahap pertama  pada kegiatan Workshop di buka sekaligus pengarahan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim, Prof. Dr. Ir. H.M. Aswin, MM dan dilanjutkan evaluasi implementasi  Sistem Otomasi Perpustkaan dan Layanan Perpustakaan oleh Kepala Bidang Layanan, Otomasi dan Kerjasama (LOKP) Perpustakaan DPKD Kaltim, Taufik, S.Sos, M.Si . hadir juga beberapa narasumber yang di undang untuk menyampaikan materi , yaitu Siti Fatimah, S.Ag, M.Hum dari IAIN Samarinda menyampaikan materi mengenai Katalogisasi Standar INDOMARC, dan Narasumber dari Perpusnas RI, Edi Wiyono turut berpatisipasi dalam menyampaikan teori, praktek dan diskusi mengenai aplikasi perpustakaan terintegrasi INLISLITE.

Pada tahap kedua Workshop Otomasi juga kembali di buka oleh Kepala DPKD Kaltim yang dimana beliau berkesempatan memberikan materi mengenai strategi dan kebijakan dalam mewujudkan gerakan sadar tertib arsip di Kaltim, dan di lanjutkan review pengembangan sistem otomasi kearsipan di Kaltim oleh Kabid LOKP DPKD Kaltim. untuk materi pengelolaan kearsipan di sampaikan langsung oleh Koordinator Arsiparis, Risnawati, M.M dan Arsiparis Ahli Muda, Nikko Dwi Nanda Armanjaya, SH. pada hari kedua Workshop Otomasi Kearsipan, untuk pertama kalinya aplikasi Arsip Terintegrasi Open Records di perkenalkan kepada Peserta Workshop oleh Tim IT dan Arsiparis DPKD Kaltim.

Dengan respon postif peserta dan antusias tinggi membuat kegiatan workshop kali ini cukup sukses  dengan penjabaran materi sistem otomasi mengenai aplikasi digital perpustakaan dan kearsipan. Juga diharapkan dengan hasil ini bisa menjadi tindak lanjut untuk menyamakan sistem otomasi di OPD dan Instansi Kabupaten/Kota di Kaltim.(dpkd)

Check Also

1.000 ANAK IKUTI GERAKAN MEMBACA DI TAMAN SAMARENDAH

SAMARINDA. Sebanyak 1.000 anak Sekolah Dasar dari Samarinda, Tenggarong dan Paser mengikuti gerakan 1.000 anak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *