SEMINAR NASIONAL DAN MUNAS VI GPMB TAHUN 2019

Pengurus Pusat Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) menggelar kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) ke VI dan seminar nasional pembudayaan kegemaran membaca Tahun 2019 denga tema yang diusung adalah “Membangun Masyarakat Cerdas Melalui Gemar Membaca Berbasis Inklusi Sosial”.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Prov. Kaltim berpartisipasi  dalam kegiatan Munas ke VI GPMB Tahun 2019 dengan mengirim perwakilan peserta, yaitu Taufik, S.Sos., M,.Si. (Kabid LOKP/Sekretaris GPMB Kaltim) dan Winda Fitri Yantie, SE., MM. (Kasi Otomasi).

Acara digelar pada tanggal 18 – 19 September 2019 di ballroom Hotel Aryaduta Jakarta Pusat.  Acara Munas GPMB ke-VI Tahun 2019 dibuka secara resmi oleh Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional ibu Sri Sumekar.  Peserta Munas diikuti sekitar 150 peserta yang mewakili unsur-unsur pengurus GPMB dari seluruh Indonesia, perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan provinsi kab/kota dari seluruh Indonesia, pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM), pustakawan dan pegiat literasi.

Nara sumber yang dihadirkan dalam acara seminar GPMB Tahun 2019 adalah :

  1. Golagong (Penulis/pegiat Literasi),  dengan materi “Menduniakan Kampung Halaman melalui Literasi Digital”
  2. Daniel Rifki (Sutrada dan Penulis scenario film), dengan materi “Budaya Baca di Genwrasi Millenial”.
  3. Kirana Kejora (Novelis dan Peneliti), dengan materi “Kiat membaca dan menulis dalam perkembangan media social”.
  4. Ferry Curtis (Pegiat literasi music), dengan sesi penampilan litrasi music.

Agenda kegiatan  dalam Munas VI GPMB tahun 2019 adalah disi dengan kegiatan penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus pusat GPMB Periode 2015 – 2019 yang disampaiakan oleh Ketua GPMB Bambang Supriyo Utama.  Kegiatan Munas GPMB Tahun 2019 juga diisi dengan kegiatan rapat komisi yang dibagi dalam tiga komisi, yaitu Komisi I membahas AD/ART GPMB tahun 2019 – 2023. Komisi II membahas tentang Program Kerja GPMB Periode 2019-2023.  Komisi III membahas Penetapan Syarat-Syarat Ketua GPMB periode 2019-2023.  Agenda utama  Munas VI GPMB Tahun 2019 diisi dengan pemilihan ketua umum GPMB Periode 2019 – 2023.

Acara Munas VI GPMB Tahun 2019 juga diisi dengan acara Seminar Nasional Pembudayaan Kegemaran membaca dengan mengangkat tema “Membangun Masyarakat Cerdas Melalui Gemar Membaca Berbasis Inklusi Sosial.  Acara seminar dibuka secara resmi oleh Kepala Peprustakaan Nasional RI Syarif Bando sekaligus sebagai keynote speaker seminar.

Check Also

ANRI Gelar Workshop di Kaltim

Samarinda, dpkd – Dalam rangka peningkatan mutu penyelenggaraan kearsipan secara nasional yang mampu mendukung program …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *