Upacara Perjuangan Sanga Sanga

Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim H Hadi Mulyadi menjadi inspektur upacara (Irup) Peringatan 73 Tahun Perjuangan Merah Putih Sanga Sanga, di Lapangan Sepakbola PT Pertamina EP Asset 5 Field Sanga Sanga Kutai Kartanegara, Senin (27/1/2020).
Hadir, Ketua DPRD Kaltim H Makmur HAPK, anggota Forkopimda Provinsi Kaltim, sejumlah Kepala OPD Pemprov Kaltim, Bupati Kukar H Edi Damansyah, Kepala OPD lingkup Pemkab Kukar, Dandim 0806 Tenggarong Letkol Inf Charles Alling, Kapolres Kukar AKBP Andrias Susanto Nugroho, anggota Forkopimda Kukar serta tokoh masyarakat dan pemuka agama Sanga Sanga.

Upacara peringatan 73 Tahun Perjuangan Merah Putih Sanga Sanga juga dimeriahkan persembahan Teater Perjuangan Sanga Sanga. Mengisahkan tentang perjuangan rakyat bersama pejuang Sanga Sanga meraih kemerdekaan dari penjajah pada Januari 1947, di Lapangan Sepakbola Sanga Sanga, Senin (27/1/2020).

Meriahnya lagi, persembahan teater dirangkai pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 73 meter. Sebagai bentuk memperingati 73 Tahun Perjuangan Merah Putih Sanga Sanga.

Pertunjukkan teater juga dirangkai dengan penyerahan dan penyematan cinderamata Syal Merah Putih kepada Wagub Hadi Mulyadi, Veteran Sanga Sanga Paiman, Bupati Kukar Edi Damansyah, Sekkab Kukar Sunggono dan Camat Sanga Sanga Gunawan.

Upacara peringatan 73 Tahun Perjuangan Merah Putih dilanjutkan ziarah Taman Makam Pahlawan Sanga Sanga.

Dari rangkaian Peringatan 73 Tahun Perjuangan Merah Putih Sanga Sanga, Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi bersama Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah serta Manajemen Pertamina di Sanga Sanga meresmikan situs sejarah Louise 1 ditandai dengan pemotongan pita merah putih, Sanga Sanga Kutai Kartanegara, Senin (27/1/2020).

Hadi meminta PT Pertamina bisa mengembangkan dan mempertahankan situs sejarah tersebut. Bahkan, jika perlu menjadi obyek wisata di Sanga Sanga.

“Alhamdulillah, kita ucapkan terima kasih kepada Pertamina yang telah melestarikan situs sejarah ini. Diharapkan dikembangkan jadi obyek wisata. Selain Museum Perjuangan Sanga Sanga juga ada Situs Sejarah Sumur Minyak Pertama di Sanga Sanga,” kata Hadi Mulyadi.

Menurut Hadi, jika situs ini dikembangkan dan dirapikan, diyakini Sanga Sanga dapat menjadi kota yang hebat, karena memiliki situs sejarah yang dapat dijadikan obyek wisata nasional.

“Artinya, ini bisa menjadi kenang-kenangan rakyat Sanga Sanga bersama Pertamina,” jelasnya.

Diketahui 20 Februari 1897 pertama kali sumur Louise 1 di Sanga Sanga menyemburkan minyak. Karena itu, sumur tersebut dikenal dengan sumur minyak pertama di Sanga Sanga. Hadi berpesan momentum peringatan Perjuangan Merah Putih hendaknya disyukuri. Bahwa Sanga Sanga menjadi saksi sebagai kota bersejarah memperebutkan dan mempertahankan perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia pada 27 Januari 1947.

“Bersyukur dan patut dikenang. Karena itu, peristiwa Perjuangan Merah Putih Sanga Sanga menorehkan tinta emas bagi seluruh rakyat Indonesia,” ucap Hadi Mulyadi.

Peristiwa ini bagi Wagub, patut menjadi kenangan bagi semua pihak terutama generasi muda dalam mewarisi semangat perjuangan meraih cita-cita bangsa.

Peristiwa Sanga Sanga adalah catatan sejarah nasional layaknya daerah lain. Karena itu, sebagai bangsa yang besar, sudah sewajarnya menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur.

“Perjuangan ini patut dihargai dan dikenang sepanjang zaman. Semangat itu pun dapat ditularkan kepada generasi muda untuk selalu cinta tanah air dan bangsa Indonesia,” jelasnya.(humpemprov)

Check Also

Perpusnas Raih Predikat A Pengawasan Kearsipan dari ANRI

Solo, Jawa Tengah–Perpustakaan Nasional kembali meraih penghargaan dari Arsip Nasional (ANRI). Kali ini Perpusnas mendapatkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *