Pembukaan Rakornis Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim 2020, Sinergitas Literasi dan Tertib Arsip

TANA PASER- Ditandai dengan pemukulan gong, Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltim Tahun  2020 resmi dibuka oleh Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Muhammad Syarif Bando, Selasa (17/3) di Gedung Awa Mangkuruku, Tanah Grogot, Kab. Paser.

Pemukulan gong didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltim HM Aswin, Sekda Paser Katsul Wijaya, Deputi Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Sumrahyadi, dan Ketua Komisi IV DPRD Kaltim H. Yusman Yaqub

Selain itu hadir Ketua DPRD Paser Fadli Imawan, perwakilan Forkopimda Paser, jajaran pimpinan OPD Kab/Kota dan peserta Rakornis sebanyak 350 orang dari berbagai OPD se Kalimantan Timur.

Dalam rakornis  ini, Perpusnas RI dan seluruh pemangku kepentingan di bidang Perpustakaan kabupaten/kota diwilayah Kaltim  menyatukan tekad untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas bagi para pustakawan demi penguatan indeks literasi.

Yang menarik, melalui rakornis  penguatan pustakawan diharapkan menjadi momentum dalam mendukung gerakan literasi di berbagai sector, juga diikuti seluruh Camat, Lurah dan sejumlah kepala desa se-Kabupaten Paser.

Dalam sambutannya, Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando mengatakan,  perpustakaan saat ini juga harus menjadi tempat transfer ilmu pengetahuan, bukan lagi sekadar sebagai gudang buku.

Mewakili Gubernur Kaltim, HM. Aswin memberikan sambutan dengan menekankan pentingnya Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) dan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA).

Hal tersebut tidak lepas dari program pengembangan perpustakaan dan minat baca masyarakat untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia. juga pengelolaan arsip secara baik dan benar diperlukan untuk mendukung tata kelola pemerintahan yang baik dan benar pula.(humpemkabpaser/dpkd)

Check Also

Rakornas Pengawasan Kearsipan 2020, Kearsipan Harus Mengikuti Perkembangan Teknologi

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mewakili Wakil Presiden Ma’ruf Amin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *