PD IPI Kaltim Gelar Webinar Dan Musda 2020

Rabu 29 Juli 2020 merupakan hari yang bersejarah bagi pengurus dan anggota PD Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Provinsi Kalimantan Timur. Pada kesempatan itu telah dilaksanakan Musyawarah Daerah  secara Virtual menggunakan aplikasi ZOOM, dengan pusat simpul jaringan di ruang Balai Pustaka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur.

Musda ini dihadiri oleh seluruh pengurus dan anggota PD IPI Prov. Kaltim Periode, 2016 – 2019. Kegiatan ini diawali dengan Seminar dengan Tema : “Kesiapan Perpustakaan dan Pustakawan Mengimplementasikan Program Literasi Untuk Kesejahteraan”  diikuti oleh Pustakawan dan Pengurus baik di Provinsi maupun Kabupaten/Kota serta masyarakat umum pemerhati perpustakaan dan literasi. Menurut Ketua Panitia Marturut Nababan, SH, dalam Laporannya, Musda ini digelar untuk melaksanakan amanat dan ketentuan AD/ART IPI serta menggali pemikiran para pustakawan terkait dengan isu pengembangan literasi masyarakat untuk kesejahteraan. Berdasarkan data admin, peserta webinar dan Musda IPI Kaltim 2020 berjumlah 678 orang terdiri dari Pengurus IPI Provinsi/Kabupaten/Kota se Kaltim, dan masyarakat umum seperti akademisi, pegiat literasi, penulis, sastrawan dan pustakawan. Lebih lanjut dikatakan bahwa peserta sebanyak 678 orang tidak hanya berasal dari Kaltim tetapi juga berasal dari berbagai daerah seperti Kalsel, Kaltara, Kalbar, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Sulawesi dan daerah Sumatera. Sementara Ketua PD IPI Provinsi Kalimantan Timur yang diwakili oleh Wakil Ketua M. Furiansyah, menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban selama periode kepengurusannya, yaitu 2016 – 2019. Sebenarnya keguatan Musda inipun tertunda selama 1 tahun. Ketua PD IPI Prov Kaltim melalui wakilnya Drs. Furiansyah dalam Laporannya menyapaikan bahwa dalam kurun waktu 2016 sampai dengan 2017 dan 2018 sampai 2019, telah dilaksanakan perekrutan anggota. Sampai saat ini kurang lebih 91 Orang Pustakawan/Pengelola Perpustakaan telah bergabung dalam organisasi IPI ini. Dalam Komisi Pengembangan Profesi dan  Pendidikan, PD IPI Kaltim, telah melaksanakan berbagai macam kegiatan diantaranya  Diklat Pengelola Perpustakaan Pola 110 Jamlat tahun 2017 dan 2018 bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan Deaerah Prov. Kaltim serta melaksanakan Workshop Pengisian DUPAK bagi Pustakawan baru hasil Inpassing. Komisi Organisasi dan Keanggotaan telah menginventarisir anggota kurang lebih 91 orang, pemungutan iuran anggota sampai Juni 2020 sebanyak Rp. 38.258.884,-  (ini hanya dari anggota yang ada di DPKD Prov. Kaltim). Sementara 3 Komisi lainnya sampai Musda ini digelar, belum ada melaksanakan kegiatan.

Pimpinan Sidang, Agustinus TR., memberikan bendera panji IPI kepada ketua terpilih, Taufik.

          Seusai penyampaian laporan pertanggungjawaban oleh Ketua, dilaksanakan musyawaarh untuk memilih Ketua PD IPI Provinsi Kalimantan Timur periode selanjutnya. Dalam musyawarah ini, muncul 4 nama kandidat ketua yaitu; Taufik, S.Sos, M. Si.; Drs. Agustinus TR., M. Si.; Hj. Nani Heriani, SE., M.Si. dan Drs. Syaifuddin. Pada musyawarah daerah IPI kali ini yang dilaksanakan secara virtual, ada 13 suara yang diperebutkan oleh 4 kandidat. Dalam Musda kali ini yang dipimpin oleh Bapak Agustinus, dengan tata cara pemilihan melalui chating, sebagian besar peserta sidang memberikan dukungannya kepada Bapak Taufik dengan perolehan 11 suara dari 13 suara yang ada, 2 suara tersisa diberikan kepada Bapak Adustinus. Berdasarkan hasil perolehan suara sidang memutuskan bahwa Pak Taufik terpilih sebagai Ketua Umum IPI Provinsi Kalimantan Timur, 2020 – 2023. Ketua Umum IPI Pusat T. Syamsul Bahri, SH, M.Si. langsung memberikan ucapan selamat kepada Ketua terpilih serta tiga (3) kandidat lainnya. Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih kepada segenap peserta Musda, atas kepercayaannya kepada saya, saya berharap kita dapat berkolaborasi untuk memajukan organisasi kita ini dan dalam 1 ata 2 bulan kedepan kita akan melengkapi kepengurusan sesuai AD/ART IPI dan akan mengakomodir teman-teman yang memiliki keinginan untuk memikirkan dan memajukan IPI kedepan..Dengan terpilihnya Pak Taufik sebagai Ketua IPI Kaltim, 2020 – 2023 maka berakhir pula Musda 2020, Selama dan  sukses mengemban tugas baru kepada pak Taufik, selama bekerja. (MarthenRumana).

About admin

Check Also

Gubernur Kaltim Lantik Sa’bani Jabat Sekda

SAMARINDA – Gubernur Kaltim H Isran Noor mengatakan pelantikan dan pengambilan sumpah Penjabat (Pj) Sekretaris …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *