Bangun Literasi di Tengah Pandemi

Samarinda – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan Seminar Dukungan Kegiatan Duta Baca Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2020 dengan tema: “Bangun Literasi Di Tengah Pandemi” yang dilaksanakan di lantai 1 Ruang Balai Pustaka Utama Gedung B, Hari Kamis (15/10/20).

Kegiatan APBN Pusat ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Daerah Provinsi Kalimantan Timur Drs. H. Elto, M.Si. dan sekaligus memberikan kata sambutan serta materi tentang Kebijakan Minat Baca di Masa Pandemi Covid-19. Sedangkan Laporan kegiatan oleh Panitia Pelaksana Dra. Hj. E. Mustika Wati, MM. Kegiatan ini menghadirkan Narasumber (Dosen Ilmu Komunikasi Unmul), Dr. Silviani Purwanti, S.Sos, M.Si. selain Kepala Dinas dan Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Kepala Dinas Drs. H. Elto, M.Si. dalam sambutan dan materinya, menjelaskan cara agar gemar membaca salah satunya dengan memahami tujuan yang jelas dari membaca itu sendiri. Dan Penggiat literasi sekaligus Dosen Unmul, Dr.Silviana Purwanti, S.Sos,M.Si. yang membawakan materi; “Publik Speaking Pada Media Sosial di Masa Pandemi Covid-19”,  juga menyampaikan kepada para peserta seminar Dukungan Duta Baca tersebut yang mana para peserta dari mahasiswa, pegawai/karyawan dan pegiat literasi bahwa yang disebut duta baca itu saudara-saudara sekalian para pegiat literasi yang meluangkan waktunya untuk membaca serta berbagi ilmu dan informasi dimanapun berada. Lebih lanjut Silviana yang membawakan materi Publik Speaking Pada Media Sosial di Masa Pandemi Covid-19 mengatakan agar kita sebagai pengguna Media Sosial lebih berhati-hati dalam menyampaikan dan meneruskan  pesan melalui Media Sosial jangan sampai melanggar hukum dan etika social. Moderator oleh Rudini, S. Sos. (Duta Baca Kalimantan Timur) semakin menyemarakkan suasana seminar dengan wejangan yang berbau keagamaan karena beliau juga sebagai Uztad. Sementara Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan Dra. Hj. E. Mustika Wati, MM dalam menyampaikan Laporan Panitia menyatakan Tujuan diadakannya Seminar Dukungan Kegiatan Duta Baca adalah Mewujudkan Kegiatan Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca di Masa Pandemi Covid-19 dan sebagai momentum untuk merangkul pemerhati dan peduli terhadap pengembangan Literasi dan minat baca di wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Sedangkan sasaran dalam kegiatan Seminar Dukungan Kegiatan Duta Baca Provinsi Kalimantan Timur tahun 2020 adalah mahasiswa dan siswa, masyarakat umum dan pemerhati literasi dan minat baca di Provinsi Kalimantan Timur. Mereka diharapkan akan menjadi role model dan menjadi teladan dalam pergerakan pembudayaan kegemaran membaca.

Lebih lanjut Ibu Mustika yang membawakan materi “Pembudayaan Kegemaran Membaca di Masa Pandemi” menyatakan Salah satu tugas yang sangat mulia dalam upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagaimana yang diamanatkan dalam Pembukaan UUD 1945 alinea ke 4 adalah Perpustakaan yang diselenggarakan dengan tujuan memberikan layanan kepada masyarakat, meningkatkan kegemaran membaca, serta memperluas wawasan, dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. “Keberadaan dan pentingnya Fungsi Perpustakaan sudah kita ketahui bersama, yakni: sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa” ujar Mustika Wati. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Drs. H. Elto, M.Si. dalam wawancara dengan media TVRI Samarinda seusai pembukaan, mengajak para mahasiswa dan masyarakat lainnya sebagai pegiat Literasi serta yang peduli terhadap program pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca untuk tetap mengelorakan dan mengkampanyekan untuk mencintai buku dan suimber-sumber informasi lainnya. Karena menurutnya, “Literasi mempunyai peranan penting dalam mendorong kesejahteraan masyarakat dan Perpustakaan mempunyai peran penting dalam literasi masyarakat”, tutupnya.(MarthenRumana).

About admin

Check Also

Gubernur Kaltim Lantik Sa’bani Jabat Sekda

SAMARINDA – Gubernur Kaltim H Isran Noor mengatakan pelantikan dan pengambilan sumpah Penjabat (Pj) Sekretaris …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *