Wakili Kaltim, Kabupaten Berau Juara Nasional Lomba Perpustakaan

Perpustakaan Harapan Bangsa Kampung Pegat Bukur Kabupaten Berau dan Perpustakaan SMADA SMA Negeri 2 Berau yang merupakan Binaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Prov. Kaltim dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Berau yang berhasil menjadi Juara di Tingkat Nasional pada Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan dan Lomba Perpustakaan Sekolah SLTA/Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2020.

Berdasarkan berita acara Pengumuman Pemenang Lomba Tanggal 20 Oktober 2020 yang di bacakan oleh Ketua Tim Juri Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Nasional Teuku Syamsul Bahri, SH, M.Si yang ditayangkan melalui ZOOM Meeting Perpusnas RI, Perpustakaan Harapan Bangsa Kampung Pegat Bukur Kabupaten Berau berhasil meraih Posisi Puncak sebagaiJuara PertamaLomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Nasional Klaster A dengan perolehan Nilai 614. Perpustakaan Harapan Bangsa berhasil mengungguli peserta lainnya di Klaster A, berikut posisi perolehan juara :

  • Juara I Perpustakaan Harapan Bangsa Kampung Pegat Bukur Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur dengan nilai 614.
  • Juara II Perpustakaan Delima Desa Bukuh Lotan Kabupaten Demak Provinsi Jawa Tengah
  • Juara III Perpustakaan Balai Pintar Desa Pengkol Kabupaten Gunung Kidul Provinsi D.I. Yogyakarta dengan nilai 607
  • Juara Harapan I Perpustakaan Nirwana Desa Bangun Jaya Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan dengan nilai 590
  • Juara Harapan II Perpustakaan Arsita Desa Air Belo Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan nilai 589
  • Juara Harapan III Perpustakaan Jendela Dunia Desa Pasaengan Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat dengan nilai 582

Pada kesempatan yang sama Perpustakaan SMADA SMAN 2 Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur berhasil mendapatkan Juara Harapan II dengan nilai 807 pada Lomba Perpustakaan SLTA/Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2020. Berdasarkan Berita Acara Pemenang Lomba Perpustakaan SLTA/Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2020 yang di bacakan oleh Ketua Tim Juri Dra. Fatmi S.S,  hasil pemenang sebagai berikut :

  • Juara I Perpustakaan Amarta MAN 1 Bantul Provinsi D.I. Yogyakarta dengan nilai 903
  • Juara II Perpustakaan TABRANI RAB SMK ABDUL RAB Pekanbaru Provinsi Riau dengan nilai 894
  • Juara III Perpustakaan SMKN 1 Trenggalek Provinsi Jawa Timur dengan nilai 888,4
  • Juara Harapan I Perpustakaan Eka Paksi SMAN 81 Jakarta Provinsi DKI Jakarta dengan nilai 854,4
  • Juara Harapan II Perpustakaan SMADA SMAN 2 Berau Provinsi Kalimantan Timur dengan nilai 807
  • Juara Harapan III Perpustakaan Damai SMKN 2 Indramayu Provinsi Jawa Barat dengan nilai 785,4

Laporan Panitia yang disampaikan Drs. Denny Kurniadi, M.Si selaku Deputi Bidang Pengembangan Perpustakaan Perpusnas RI menjelaskan aspek-aspek Penilaian Lomba Perpustakaan meliputi pembangunan perpustakaan, yang mencakup unsur-unsur : Tenaga perpustakaan, Koleksi perpustakaan, Layanan perpustakaan, Sarana Prasarana perpustakaan, Penyelenggaraaan Perpustakaan, Pengelolaan Perpustakaan termasuk Inovasi dan Kreativitas Perpustakaan dalam pemberdayaan masyarakat melalui perpustakaan. Mekanisme Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional diawali dengan lomba perpustakaan umum terbaik Perpustakaan Desa/Kelurahan dan Perpustakaan SLTA/Madrasah ditingkat Provinsi, selanjutnya para pemenang tingkat Provinsi di ikut sertakan pada lomba tingkat Nasional. Para pemenang di tingkat Nasional berhak mendapatkan Uang Pembinaan, Sertifikat Pemenang, dan Piala yang di serahkan secara simbolis.

Pada Kesempatan ZOOM Meeting tersebut, Ketua Komisi X DPR RI Ir. H. Syaiful Huda mengapresiasi atas terselenggaranya Kegiatan Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan dan Lomba  Perpustakaan SLTA/Madrasah Tingkat Nasional. Dikatakannya bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari komitmen Komisi X DPR RI untuk semakin meningkatnya upaya dan partisipasi masyarakat terlibat menikmati serta menjadi bagian Literasi Nasional.

“keberadaan perpustakaan Desa/Kelurahan di seluruh Indonesia menjadi ujung tombak penggerak Literasi dan diyakini menjadi tempat bersemainya gerakan Literasi di Indonesia.” kata Syaiful.

Kepala Perpustakaan Nasional RI Drs. Muhammad Syarif Bando, M.M memberikan pandangan bahwa ketika Refocusing anggaran 2020 salah satu Kegiatan prioritas Perpusnas RI yaitu Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan dan Lomba Perpustakaan SLTA/Madrasah Tingkat Nasional harus terlaksana. Yang pada akhirnya Alhamdulillah kegiatan Lomba tersebut dapat terlaksana dengan lancar dan sukses atas dukungan kontribusi semua pihak.

“lomba Perpustakaan di tingkat nasional adalah menjadi pembuktian bahwa Perpusnas RI bersama dengan Dinas Perpustakaan Kearsipan Daerah Provinsi maupun Kabupaten/Kota tidak diam ditengah Pandemi Covid-19.” kata beliau.

Beliau juga menyampaikan Esensi dari memperoleh Juara dan mendapat Piala dari suatu perlombaan adalah Sebagai Motivasi untuk membuat semua orang terdorong dalam meningkatkan kualitas.

“seberapapun kualitas yang dicapai merupakan dinamika yang harus selalu ditumbuhkan untuk memastikan adanya upaya kerja nyata kerja keras yang dibangun untuk bangkit jauh lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini.”

“tujuan dilaksanakannya Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional agar terciptanya sinergitas antar komunitas, antar wilayah, antar provinsi yang memungkinkan daerah-daerah lain untuk bisa mencontoh perpustakaan yang sudah berprestasi.” tambahnya.

Beliau juga mengucapkan selamat kepada para juara dan seluruh peserta yang telah berpartisipasi dan berkontribusi pada Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional tahun 2020 dengan harapan semua Pihak bisa menunjukkan Peran Perpustakaan dan yang terpenting menurutnya adalah Apresiasi dari Gubernur maupun Walikota Pemerintah Daerah bisa memberi dukungan dan perhatian yang lebih baik lagi di tahun-tahun mendatang. (andripranata)

Check Also

Bangun Literasi di Tengah Pandemi

Samarinda – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan Seminar Dukungan Kegiatan Duta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *