Penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Perpustakaan Tahun 2020

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan Penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Perpustakaan bagi Perpustakaan Umum Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2020. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Pemberian Panji-Panji Keberhasilan Pembangunan bidang Perpustakaan yang merupakan agenda tahunan untuk memeriahkan HUT Provinsi Kalimantan Timur ke 64 bertepatan tanggal 9 Januari 2021 mendatang.

Pemberian penghargaan berupa Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Perpustakaan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur kepada Perpustakaan Umum Kabupaten/Kota merupakan bentuk apresiasi atas keberhasilan Perpustakaan Umum Kabupaten/Kota  dalam meningkatkan kinerja pembangunan bidang  perpustakaan untuk melayani dan memenuhi kebutuhan informasi masyarakat di Provinsi Kalimantan Timur.

Berdasarkan surat Pj Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur Nomor 002.7/4536/III/litbang Tanggal 10 Agustus 2020 Perihal Penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan Kalimantan Timur Tahun 2020, Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Daerah Provinsi Kalimantan Timur mempunyai tanggung jawab mengawal pemberian Penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Perpustakaan Tahun 2020. Bahwa dalam melaksanakan tugasnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur berkoordinasi  dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BALITBANGDA) Provinsi Kalimantan Timur yang bertindak sebagai Koordinator Pemberian Penghargaan di bawah pengawasan Gubernur Kalimantan Timur.

Pada ajang tahun ini, terkonfirmasi 8 (delapan) Perpustakaan Umum Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur yang siap berpartisipasi mengikuti Penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Perpustakaan. Kegiatan Penilaian Panji Keberhasilan dilaksanakan mulai bulan September s/d Desember 2020, dan hingga saat ini proses penilaian masih dilakukan oleh dewan juri Provinsi Kalimantan Timur. Adapun 8 (delapan) Kabupaten/Kota yang sudah memastikan diri berpartisipasi mengikuti Penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Perpustakaan tahun 2020, adalah :

  1. Dinas Perpusatakaan Kota Samarinda
  2. Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan
  3. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bontang
  4. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kutai  Kartanegara
  5. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kutai Timur
  6. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Paser
  7. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Berau
  8. Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Kutai Barat

       Dalam Pelaksanaan Penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Perpustakaan tahun 2020, Indikator yang digunakan untuk melakukan Penilaian meliputi 12 (dua belas) Aspek yang dilengkapi data dukung yang relevan, antara lain :

  1. Gedung/Ruang Perpustakaan
  2. Anggaran Perpustakaan
  3. Manajemen Perpustakaan
  4. Sarana Prasarana Perpustakaan
  5. Sumber Daya Manusia
  6. Layanan Perpustakaan
  7. Layanan Perpustakaan Keliling
  8. Kerjasama Perpustakaan
  9. Aplikasi Informasi Teknologi (IT) Perpustakaan
  10. Pengorganisasian Bahan Perpustakaan
  11. Promosi Perpustakaan
  12. Inovasi Pengembangan Perpustakaan

Kegiatan Penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Perpsutakaan tahun 2020 bertujuan untuk menginkatkan pengelolaan dan pengembangan perpustakaan di daerah secara berkualitas, terintegrasi dan berkesinambungan serta meningkatkan peran Perpustakaan Umum Kabupaten/Kota sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat untuk mewujudkan kegemaran membaca bagi masyarakat.

Penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Perpustakaan Tahun 2020 dilaksanakan di tengah Pandemi COVID-19 yang melanda dunia secara global. Namun Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur tetap optimis dengan Kabupaten/Kota sebagai obyek penilaian yang mendukung program Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dapat berpartisipasi sebagai peserta.. (andripranata)

Check Also

Bangun Literasi di Tengah Pandemi

Samarinda – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan Seminar Dukungan Kegiatan Duta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *