Webinar Bimtek Pengelolaan Perpustakaan Se-Kalimantan Timur Tahun 2020

      

Penerapan Teknologi Informasi saat ini telah menyebar di semua bidang, tidak terkecuali di perpustakaan yang merupakan salah satu institusi pengelola informasi. Kebutuhan akan teknologi informasi sangat berhubungan dengan peran dari perpustakaan sebagai kekuatan dalam pelestarian dan penyebaran informasi ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang berkembang seiring dengan menulis, mencetak, mendidik dan kebutuhan masyarakat akan informasi.

       Pustakawan dan Tenaga Pengelola Perpustakaan harus memiliki kompetensi untuk dapat melayani keperluan pengguna, seperti permintaan akan akses yang lebih cepat terhadap informasi yang diperlukan baik informasi dari dalam maupun dari luar perpustakaan. Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia pengelola perpustakaan agar mahir dalam menggunakan teknologi informasi, maka Perpustakaan Nasional RI bersama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Prov. Kaltim telah melaksanakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Se-Kalimantan Timur Tahun 2020.

Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Se-Kalimantan Timur Tahun 2020 yang dibiayai oleh APBN Perpustakaan Nasional RI, dilaksanakan melalui Webinar Zoom Meeting selama 2 (dua) hari sejak Rabu 11 November dan berakhir Kamis 12 November 2020. Kegiatan Bimtek yang difasilitasi oleh Perpusnas RI tersebut di buka secara resmi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur yang dalam hal ini di wakili oleh Dra. Hj. E. Mustika Wati, MM selaku Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa, kegiatan Bimtek ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia pengelolaa perpustakaan. Hal itu didasarkan pada sebuah fakta tentang peran utama Perpustakaan sebagai pusat kegiatan pengembangan minat baca dan kebiasaan membaca mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap peningkatan dan pengembangan minat dan kegemaran membaca.

       Lebih lanjut beliau menyampaikan, pada era informasi abad ini teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan global. Oleh karena itu, setiap perpustakaan berlomba untuk mengintegrasikan Teknologi Informasi guna membangun dan memberdayakan sumber daya manusia berbasis pengetahuan agar dapat berdaya saing dan memiliki kompetensi yang lebih baik demi terwujudnya sebuah perpustakaan berbasis komputerisasi, dari sisi automasi perpustakaan yang menuju pada perpustakaan digital.

Kegiatan Bimtek Pengelolaan Perpustakaan Se-Kalimantan Timur Tahun 2020 di ikuti oleh 100 orang peserta yang merupakan Pustakawan dan Pengelola Perpustakaan yang berasal dari Perpustakaan Umum (Dinas Perpustakaan Provinsi, Kabupaten/Kota, Desa/Kelurahan) Perpustkaan Khusus, dan Perpustakaan Sekolah. Kegaiatan Bimtek tersebut dilaksanakan dengan metode Virtual (online) dengan menerapkan sejumlah aturan-aturan khusus agar proses transfer ilmu pengetahuan dapat tetap berjalan maksimal meski dengan metode pengajaran yang dilakukan berbeda dari biasanya ditengah sulitnya situasi Pandemi Covid-19. Pemateri dari Perpusnas RI mengarahkan sesi penyampaian materi hingga praktek dengan mengoptimalkan berbagai metode persentase, video materi, diskusi, ice breaking, hingga praktek tentang pengaplikasian Medsos.

       Para Peserta dibekali dengan Materi yang sangat dibutuhkan dalam pengelolaan perpustakaan ditempat kerja masing-masing yang terbagi dalam beberapa sesi. Materi tentang Pengantar Materi Kebutuhan Informasi, Analisis kebutuhan informasi, dan Simulasi Pelaksanaan Analisis Kebutuhan Informasi di hari pertama. Sedangkan di hari kedua para peserta dibekali dengan materi yang sangat menarik yaitu tenatang Pengantar materi media sosial (mengenal kanal facebook, instagram dan twitter), membuat dan mempublikasikan konten Media Sosial, Praktek membuat serta mempublikasikan konten Media Sosial oleh pemateri Kamilah Kinanti  Pustakawan Perpusnas RI dan Qodir Shodiq, Husna Alliyus Dwi Karisma yang merupakan IT Pranata Komputer Perpusnas RI.

       Dengan diselenggarakannya Bimtek Pengelolaan Perpustakaan Se-Kalimantan Timur Tahun 2020 diharapkan para peserta yang merupakan Pustakawan dan Pengelola Pepustakaan dapat menyerap seluruh materi dan informasi yang diberikan. Para peserta diharapkan mampu mengintegrasikan Teknologi Informasi seiring dengan peran Perpustakaan sebagai pusat pengembangan minat baca, serta mewujudkan Perpustakaan sebagai Pusat Belajar sepanjang Hayat. (Sabariah)

About admin

Check Also

Bangun Literasi di Tengah Pandemi

Samarinda – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan Seminar Dukungan Kegiatan Duta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *