GenBI Gelar Webinar Kaltim Mendunia di DPKD Prov. Kaltim

Kaltim Mendunia dengan tema “Grab Your Dream Get Your Future” merupakan salah satu program kerja dari Generasi Baru Indonesia (GenBI) Kaltim Komisariat Universitas Mulawarman Divisi Pendidikan yang bertujuan memberi motivasi dan berbagi informasi mengenai beasiswa didalam negeri maupun diluar negeri kepada masyarakat terutama siswa dan mahasiswa.

Acara ini diadakan secara Webinar melalui aplikasi zoom, kerjasama antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Prov. Kaltim Bidang Layanan, Otomasi dan Kerja Perpustakaan serta di dukungan oleh Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Timur.

Kegiatan webinar Kaltim Mendunia yang mengangkat tema “Grab Your Dream Get Your Future” dilaksanakan diskusi secara online melalui aplikasi ZOOM bertempat di Ruang BI Corner Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Prov. Kaltim pada Hari Selasa 9 Januari 2021 mulai Pukul 13.00 s/d 17.00 wita.  

Laporan Ketua Panitia yang di sampaikan oleh Handy Kurniawan Juliarto, menyampaikan bahwa kegiatan Webinar ini menghadirkan 2 orang pembicara yang merupakan influencer yang dapat dijadikan figur teladan bagi generasi muda mendapatkan tips untuk melanjutkan Pendidikan dan beasiswa di dalam maupun luar negeri.

Tutuk S.H. Cahyono selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov. Kaltim dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Generasi Baru Indonesia (GenBI) merupakan salah satu Langkah yang ditempuh oleh Bank Indonesia bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan Kalimantan Timur dalam rangka mengoptimalkan potensi generasi muda. Dikatakannya, generasi muda Indonesia khususnya Kalimantan Timur harus memiliki daya saing dan terus berupaya meningkatkan kualitas untuk menuju Indonesia unggul, salah satunya adalah dengan menambah wawasan dan meningkatkan kapasitas diri melalui jalur pendidikan dalam segala bidang.

Webinar Kaltim Mendunia kali ini berkesempatan diskusi secara virtual dengan Billy Mambrasar yang merupakan Staf Khusus Milenial Presiden RI yang juga CEO Yayasan Kitong Bisa. Pria yang kerap disapa bang Billy tersebut mengatakan, bahwa untuk berkuliah di luar negeri adalah harapan yang telah dicapainya dengan melalui proses yang sangat panjang. Beliau berpesan kepada generasi muda, bahwa semua impiannya tersebut dimulai dengan membaca buku. Sebuah tips yang disampaikan Billy adalah agar setiap generasi muda bisa mempersiapkan diri sedini mungkin dengan banyak membaca, dan belajar  untuk dapat menumbuhkan kepercayaan diri dan menanamkan optimisme yang tinggi untuk berkesempatan kuliah diluar negeri melalui jalur beasiswa.

Pada kesempatan yang sama, hadir melalui diskusi Zoom virtual Elsa Widya Hapsari, M.Ed yang merupakan figur wanita asli dari Kalimantan Timur yang pernah menempuh Pendidikan S-2 di negara Thailand dengan jalur beasiswa LPDP. Elsa memberikan pandangan, bahwa ada beberapa hal yang essential untuk dipertimbangkan dalam menentukan pilihan studi lanjut S2/S3. Cara yang cukup sederhana adalah dengan melihat courses/curriculum dan skema nya, Apakah mencakup keilmuan, apakah skema yang diinginkan tersedia (Coursework/research).

Kemudian memperhatikan admission requirement (syarat masuk), apakah ada syarat khusus terkait misalnya Bahasa lokal, translate ijazah, dan transkrip nilai. Dan yang juga harus menjadi pertimbangan apakah kelasnya dibuka on weekdays/weekends atau hanya untuk pekerja, karena ini berkaitan dengan regulasi beasiswa nantinya. Serta cari tahu info detail mengenai tuition fee per semester (SPP) dan biaya wajib yang harus dibayarkan selama masa studi.

Kegiatan diskusi virtual dan bincang santai Kaltim Mendunia dengan tema “Grab Your Dream Get Your Future” bersama narasumber mengenai motivasi, tips dan trik meraih beasiswa dalam maupun luar negeri, sharing pengalaman dan output apa yang bisa digapai jika mendapatkan beasiswa dalam maupun luar negeri. Kegiatan tersebut juga memiliki tujuan memberikan motivasi kepada peserta webinar akan pentingnya dan berusaha melanjutkan pendidikan kejenjang lebih tinggi melalui program beasiswa. (andri 9/2/21).

About admin

Check Also

5 Perpustakaan Di Dunia, Diantaranya Ada Yang Didirikan Sebelum Masehi

Perpustakan merupakan salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh para pecinta buku. Tak jarang banyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *