Bidang P3KM bersinergi dengan Bidang Deposit untuk Penyusunan Bibliografi dan KID Tahun 2021

Samarinda, 22 Februari 2021 bertempat di Ruang Rapat Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (P3KM) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur telah dilaksanakan rapat koordinasi internal anatara Bidang P3KM dengan Bidang Deposit, Pelestarian, Pengembangan Koleksi Bahan Perpustakaan.

Rapat koordinasi internal tersebut dipimpin oleh Kepala Bidang P3KM Taufik, S.Sos., M.Si dan dihadiri oleh Kepala Bidang Deposit, Pelestarian, Pengembangan Koleksi Bahan Perpustakaan Drs. Agustoni Tawakkaluddin, M.Si., pejabat struktural eselon IV dari masing-masing bidang, beberapa staf terkait serta perwakilan fungsional pustakawan. 

Penyusunan Bibliografi dan Pembuatan Katalog Induk Daerah secara umum dapat mencerminkan kondisi koleksi bahan perpustakaan. Terkumpulnya data terbitan dalam Katalog Induk Daerah  dan Bibliografi tersebut dapat menjalin dan meningkatkan jaringan kerja sama antar perpustakaan baik perpustakaan umum kabupaten/kota maupun perpustakaan khsusus perguruan tinggi.  Penyusunan Bibliografi dan Pembuatan Katalog Induk Daerah dapat menyediakan informasi tentang keberadaan koleksi bahan pustaka yang ada di perpustakaan, dijadikan sebagai pusat data dan sarana pelayanan silang layan dalam peminjaman bahan pustaka antar perpustakaan.

Rapat internal antara Bidang P3KM dengan Bidang Deposit merupakan langkah awal koordinasi yang dilakukan oleh kedua Bidang tersebut terkait rencana pelaksanaan Penyusunan Bibliografi dan Katalog Induk Daerah (KID) tahun 2021, pada tahun ini di biayai melalui dana Dekonsentrasi APBN yang melekat pada bidang P3KM.

Bidang P3KM mengharapkan dapat bekerjasama dengan Bidang Deposit dan bisa saling bersinergi dalam hal Penyusunan Bibliografi dan Katalog Induk Daerah (KID) tahun 2021. Selanjutnya, Bidang P3KM akan menyusun draft untuk membentuk tim Penyusunan Bibliografi dan Katalog Induk Daerah (KID) tahun 2021. Penyusunan jadwal secara teknis akan dikomunikasikan dengan Kepala Dinas dan Dinas Perpustakaan kabupaten/kota, dengan harapan semoga dapat terlaksana mulai bulan Maret dan paling lambat bulan Agustus 2021.

(andri 22/2/21)

foto : Marthen

About admin

Check Also

5 Perpustakaan Di Dunia, Diantaranya Ada Yang Didirikan Sebelum Masehi

Perpustakan merupakan salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh para pecinta buku. Tak jarang banyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *