DPKD Kaltim Adakan Pemasyarakatan Perpustakaan dan Minat Baca Tahun 2020 di Sangatta – Kutim

Senin, 7 Desember 2020, Bidang Pengembangan Pembinaan Perpustakaan.

Sangatta, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur (DPKD Kaltim)  terus berupaya mendekatkan perpustakaan dengan publik dan membudayakan minat baca masyarakat, diantaranya dengan mengadakan  Pemasyarakatan Perpustakaan dan Minat Baca, Senin, (7/12/2020).

Kegiatan ini diadakan bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kutai Timur di Sangatta. Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Drs. H. Elto, M. Si., kegiatan bertujuan untuk memasyarakatkan perpustakaan dan minat baca masyarakat di Kaltim pada umumnya. “Pemasyarakatan ini diadakan sebagai bentuk representatif dari UU No 43 tahun 2007 dalam rangka meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa,” Kegiatan ini merupakan bukti kongkrit bahwa tanggung jawab untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan Negara, salah satu adalah melalui upaya bagaimana meningkatkan minat baca dan sekaligus membudayakannya, ungkap Kadis. Pembudayaan kegemaran membaca merupakan tanggung jawab bersama antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota bahkan semua stake holder di bidang perpustakaan. Dan oleh karena itu, saya sangat berharap kepada kita semua yang hadir saat ini, kepada Kepala Sekolah, Kepala Desa/Lurah, dan instansi terkait agar berperan aktif untuk memberdayakan fungsi dan peran perpustakaan ditempat masing-masing, tambahnya.

Upaya pemerintah melalui peran dan fungsi perpustakaan merupakan usaha untuk membangun karakter bangsa, menumbuhkan sikap jujur, religious, peduli, disiplin, kreatif, demokratis, sikap toleransi dan sikap mandiri. Sementara itu Plt Bupati Kutai Timur yang diwakili Asisten 1 Dr. Suko Buwono, M.Si., sekaligus sebagai salah satu Narasumber, menyambut baik kerja sama Dinas Perpustakaan Provinsi dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kutai Timur, menyelenggarakan Pemasyarakatan Perpustakaan dan Minat Tahun 2020 di Kutai Timur, dengan Tema “Peran Perpustakaan Dalam Mendukung Pengembangan Literasi Masyarakat dan Pembudayaan Gemar Membaca di Kabupaten Kutai Timur”. Baik Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui Dinas Perpustakaan, sepakat menjadikan momen ini sebagai langkah strategis untuk membangun bangsa dan daerah kita melalui pengembangan dan peningkatan literasi masyarakat di Kabupaten Kutai Timur. Hadir sebagai Narasumber selain Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Prov. Kaltim, Asisten 1 Setkab Kutim Dr. Suko Buono, M. Si.,dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kutai Timur, H. Suryansyah, SH., yang diadakan di Ruang Meranti Kantor Bupati Kutai Timur tersebut. Asisten 1 dalam pemaparannya berbicara tentang Strategi pengembangan Perpustakaan di Kutim sedangkan Kepala Dinas Perpustakaan Kutim membahas dari sisi Peranannya dalam mendukung Literasi masyarakat di Kutai Timur. Acara Pemasyarakatan dilaksanakan secara Panel yang dipandu oleh Moderator Drs. Agustinus TR., M.Si. Kepala Seksi  Pengembangan  Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Prov. Kaltim.

Pemasyarakatan tersebut dihadiri kurang lebih 60 0rang peserta terdiri dari Aparat Sipil Negara (ASN)  di lingkungan Pemkab Kutai Timur, Kepala Sekolah Pengelola Perpustakaan, Sekolah SLTA, SMP dan SD baik Negeri maupun Swasta, Perguruan Tinggi, Perpustakaan Instansi, Perpustakaan Desa/Kelurahan dan Perpustakaan Rumah Ibadah.  Acara pemasyarakatan  ini sangat interaktif antara narasumber dengan peserta pemasyarakatan yang berjumlah kurang lebih 60 orang, sehingga bisa saling sharing antar narasumber dan peserta dalam memasyarakatkan perpustakaan dan minat baca di Kaltim dan Kutim pada khusunya. (Marthen Rumana, 7/12/  2020).

Check Also

PERPUSTAKAAN MERCUSUAR KOTA BONTANG JUARA 1 PERPUSTAKAAN TERBAIK DESA KELURAHAN TINGKAT PROVINSI KALTIM TAHUN 2021

Samarinda – Perpustakaan Mercusuar Keluarahan Lok Tuan Kota Bontang, adalah Perpustakaan Kelurahan yang menjadi binaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *