Pengurus GPMB Kabupaten Paser periode 2020-2024 dilantik

Paser – Ketua Gerakan Peningkatan Minat Baca (GPMB) Provinsi Kaltim Syafruddin Pernyata melantik  pengurus  GPMB Kabupaten Paser, di Pendopo Kabupaten, Kamis (4/2).


“Pengurus GPMB berasal dari ASN, seniman, dan pegiat literasi,”kata Syafruddin .

Dia mengatakan sebagai ketua GPMB Kabupaten Paser periode 2021 -2024 adalah Kasrani.

Terbentuknya GPMB di Paser lanjut dia, bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi atau minat baca masyarakat.

Syafruddin Pernyata berharap GPMB  Kabupaten  Paser yang baru dibentuk dapat membantu pemerintah untuk meningkatkan minat baca masyarakat hingga tingkat desa dan kelurahan.

Ia menambahkan bahwa GPMB nantinya akan menggandeng perusahaan untuk berpartisipasi menyumbangkan buku untuk diberikan kepada masyarakat di daerah yang tidak terjangkau dengan kegiatan literasi.

“Kami akan menggandeng  perusahaan, memberikan buku di tempat yang belum ada buku-buku bacaan. Harapan kami gerakan ini mengajak untuk membaca, buku bukan hanya sekedar ditaruh,” jelasnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Paser Sutomo mengatakan terpilihnya Kasrani sebagai Ketua GPMB Paser oleh pengurus dengan mempertimbangkan sertifikasi literasi yang dimilikinya.

“Kasrani terpilih sebagai ketua karena salah satu peserta yang memiliki sertifikat literasi,” kata Sutomo.

Ia berharap dengan dilantiknya Kasrani sebagai Ketua GPMB Paser, tingkat literasi masyarakat di Paser semakin baik, sebab dia menilai, Kasrani bukan orang baru dalam dunia literasi.

“Kasrani sosok yang memberikan inspirasi bagi masyarakat Paser yang telah menyempatkan waktu dan pikiran serta tenaga untuk mencerdaskan masyarakat Kabupaten Paser,” ujar Sutomo.

Hadir dalam pelantikan Ketua Gerakan Peningkatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Paser di antaranya Wakil Bupati Paser Kaharuddin, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Prov.Kaltim Drs. H. Elto, M.Si, Kepala Bappedalitbang Paser Muksin, dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.

(andri, 4/2/21)

About admin

Check Also

AYO IKUT LOMBA PUSTAKAWAN BERPRESTASI TERBAIK TINGKAT PROV.KALTIM TAHUN 2021

Lomba Pustakawan BerprestasiTerbaik Tingkat Prov.Kaltim Thn 2021  Event  8 Juni 2021   Samarinda. DPKD-BP3KM. – Dinas Perpustakaan danKearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur bekerjasamadengan Perpustakaan Nasional RI akan menyelenggarakanLomba Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat ProvinsiKalimantan Timur. Kegiatan ini akan membidik  pustakawanyang bekerja di perpustakaan umum, perpustakaankhusus/instansi, perpustakaan sekolah /madrasah danperpustakaan perguruan tinggi negeri dan suasta. Pustakawan yang bekerja di instansi pemerintah adalahpustakawan Pegawai Negeri Sipil (PNS), yaitu PejabatFungsional Pustakawan Keterampilan paling rendah PustakawanTerampil (Gol.II/c), atau Pustakawan Keahlian paling rendahPustakawan Ahli Pertama (Gol.III/a) sesuai Permenpan RB No.9 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pustakawan dan AngkaKreditnya yang dibuktikan dengan keputusan pengangkatanterakhir dalam jabatan fungsional pustakawan. Pustakawan yang bekerja di instansi pemerintah berstatuspegawai tetap non PNS, minimal Diploma II (D2) Perpustakaanatau Diploma II (D2) bidang lain ditambah diklat perpustakaansekurang-kurangnya 641 jamlat dibuktikan dengan suratpengangkatan atau penugasan dari pejabat yang berwenang.Pustakawan terbaik akan mendapatkan apresiasi berupa piagamserta uang pembinaan. Juara I akan mendapatkan uangpembinaan sebesar Rp 3 juta, Juara II Rp 2,5 juta, Juara III Rp2,25 juta, Juara Harapan I Rp 2 juta , Juara Harapan II Rp 1,5juta dan Juara Harapan III Rp 1 juta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *