Penjilidan Koran dan Majalah

Sebagian besar koleksi bahan pustaka Dinas Perpustaakaan terbuat dari bahan kertas, baik berupa buku maupun bentuk lembaran seperti monograf, surat kabar, majalah, naskah, peta. Koleksi bahan pustaka tersebut memiliki resiko kerusakan baik dari dalam bahan pustaka itu sendiri, maupun dari luar seperti lingkungan dan faktor manusia.

Pustaakawan sedang menjahit surat kabar

Tujuan utama preservasi dalam hal ini penjilidan adalah untuk melestarikan bahan pustaka baik pelestarian dalam bentuk fisik dengan mempertahankan bentuk aslinya dan pelestarian kandungan informasinya. Penjilidan bahan pustaka merupakan salah satu solusi dalam menangani bahan pustaka yang rentan mengalami kerusakan. Surat kabar yang kita baca sehari hari terbuat dari bahan kertas murah yang cepat rusak dan dibaca oleh banyak orang, sehingga surat kabar menjadi kumal dan berlipat lipat. Padahal surat kabar sering menjadi bahan rujukan yang dicari sebagai sumber informasi, dari surat kabar kita mengetahui alur dari sebuah peristiwa yang lalu dan menjadikan surat kabar sebgai sumber sejarah.

Pustakawan sedang menjahit majalah

Surat kabar merupakan terbitan berkala berupa lembaran kertas yang tidak berjilid terbit tiap hari berisi berita, pengumuman, laporan, pemikiran aktual, atau informasi umum yang perlu segera diketahui masyarakat umum. Penjilidan surat kabar yang terbit di Kalimantan Timur seperti Kaltim Post, Samarinda Post, dan Tribun sudah lama dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur. Penjilidan surat kabar dilakukan dengan cara menjahit perhalaman yang tersusun satu bulan.

Surat kabar yang akan memasuki proses penyampulan

Pustakawan pada Seksi Pengolahan dan Perawatan Bahan Pustaka melakukan kegiatan menjahit koran, yang perlu ketelatenan dan ketelitian. Salah dalam alur menjahit, harus dilakukan ulang,  proses menjahit koran satu jilidan berisi satu bulan terbitan surat kabar. Proses menjahit selesai  masih ada kegiatan lagi untuk penyampulan yang lebih memerlukan skil yang handal agar jilidan surat kabar yang sudah jadi dapat dibuka perhalaman dengan baik. Perpustakaan kabupaten/kota dan instansi lain dapat belajar cara penjilidan surat kabar maupun majalah di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur tentunya dengan surat permohonan.

(Kusiatun, 16/2/21)

About admin

Check Also

5 Perpustakaan Di Dunia, Diantaranya Ada Yang Didirikan Sebelum Masehi

Perpustakan merupakan salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh para pecinta buku. Tak jarang banyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *