Targetkan Peningkatan Perpustakaan Terakreditasi, Kadis DPKD Prov. Kaltim Minta Bidang P3KM dan Mitra Kerja Dapat Bersinergi

Pada Tahun 2021 Perpustakaan Nasional RI telah memberikan 50 kuota untuk Perpustakaan yang bisa terkreditasi. Oleh karena itu Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (BP3KM) Menyusun Program dan Langkah-langkah yang diambil untuk melaksanakan kegiatan yang ada di Bidang BP3KM. Dalam kesempatan tersebut hadir Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Prov. Kaltim Pak H. ELTO, M.SI, dan rapat dipimpin langsung oleh Kepala Bidang BP3KM yaitu Taufik, S. Sos, M. Si. Pada kesempatan tersebut juga menghadirkan para mitra kerja yang membantu pelaksanaan kegiatan tersebut diantaranya :

  1. GPMB Kaltim diwakili oleh Fitri Susilowati
  2. Ketua IPI Kaltim (Taufik, S. Sos, M. Si)
  3. ATPUSI (Jamaludin)
  4. FPPTI diwakili oleh Muhammad Sukri
  5. Assesor : Taufik, S.Sos, M.Si., Mustang, S. Sos, M.Si., Siti Fatimah, S. Ag, S.S, M. Hum.
  6. Para pejabat Struktural yang ada pada Bidang P3KM : Kasi Pembinaan Pengembangan Perpustakaan (Rusmawati, S. Pd, M.Si), Kasi Pembinaan Pengembangan Tenaga Perpustakaan (Indriati, S. Kom), Kasi Pengembangan Pembudayaan Kegemaran Membaca (Nikko Dwi Nanda)
  7. Pejabat Fungsional Pustakawan yang ada pada Bidang P3KM : Marthen Rumana, S.Sos, Sabariah, S.I. Kom.
  8. Pejabat Fungsional Umum yang ada di Bidang P3KM : Pramuhadi Karna, S. Sos, Hj. Hartati, SE, Pinehas Salaga, S. Sos, Nurma Yunita, S. Kom sebagai tenaga kontrak pada Bidang P3KM

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Prov. Kaltim memberikan arahan dalam menjalankan kegiatan dan program-program kerja yang dilaksanakan pada Bidang P3KM harus ada pola yang jelas, sehingga antar pusat dan daerah bisa terhubung dengan baik. Kita pun dalam melaksanakan kegiatan tidak serta merta hanya berpangku tangan pada pusat saja, tetapi kita harus bergotong royong dan bekerja sama dengan mitra kerja yang sudah ada.

Kolaborasi dan mitra kerja selalu sejalan sehingga tidak ada masalah yang berarti. Dalam pelaksanaan kegiatan Bidang P3KM yang memiliiki SDM 11 orang untuk menghandel 10 Kab/Kota sangat perlu dukungan dan Mitra Kerja.

Disini ada tiga isu dan permasalahan yang sama-sama perlu dukungan dan mitra kerja serta Asessor yaitu :

  1. Program dan Prioritas Perpustakaan Nasional, bagaimana perpustakaan itu bertansformasi ke Inklusi Sosial 2021. Yang harus menga Up date Data Perpustakaan yang ada di Daerah dan Tim Akselearsi pembaharuan. Dalam hal ini Pendataan Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) dan Akreditasi Perpustakaan yang sangat perlu kerja keras dan gotong royong dengan Mitra Kerja.
  2. Potensi Pustakawan Kaltim yang belum memiliki Sertifikasi dan target kinerja Bidang P3KM untuk mengikutsertakan Pustakawan DPKD Prov. Kaltim sebanyak 5 orang untuk diikutkan dalam Sertifikasi.
  3. Peta kondisi minat baca di Kaltim belum mencerminkan minat baca yang tinggi. Dalam hal ini Kerjasama dengan GPMB sanagt diharapkan.

Adapun indikator yang ingin dicapai yaitu :

  1. Meningkatnya Perpustakaan yang terakreditasi
  2. Jumlah Perpustakaan yang terdata NPP
  3. Terwujudnya pustakawan yang memiliki Sertifikat.

(Sabariah, 18/2/21)

editor : andri

About admin

Check Also

PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 7 BERAU JUARA 1 LOMBA PERPUSTAKAAN SLTA TINGKAT PROVINSI KALTIM TAHUN 2021

Samarinda – Perpustakaan SMA NEGERI 7 Berau berhasil menjadi yang terbaik pada Lomba Perpustakaan SLTA …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *