5 Perpustakaan Di Dunia, Diantaranya Ada Yang Didirikan Sebelum Masehi

Perpustakan merupakan salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh para pecinta buku. Tak jarang banyak orang yang senang menghabiskan waktunya untuk membaca buku di perpustakaan ketika ada kesempatan waktu luang. Ya, perpustakaan menjadi salah satu tempat favorit untuk membaca buku. Namun, pernahkan kamu membayangkan rasanya membaca buku di sebuah perpustakaaan tertua di dunia?

Berikut adalah ulasan mengenai 5 perpustakaan tertua yang ada di dunia:

1. The Library of Aleksandria

Perpustakaan Aleksandria ini berada di kota Aleksandria, Mesir. Perpustakaan ini merupakan salah satu perpustakaaan terbesar dan terpenting pada masa itu. Perpustakaan ini merupakan bagian dari sebuah lembaga penelitian besar Mouseion yang dipersembahkan untuk para dewi yang melambangkan seni. Perpustakaan ini kabarnya dibangun dari munculnya sebuah gagasan oleh Demetrios dari Faleron yang kemudian diusulkan kepada Raja Ptolemaios I Soter pada zaman Helenistik. Namun, perpustakaan ini kemungkinan baru dibangun pada masa setelah Raja Ptolemaios I Soter, yaitu oleh putranya Ptolemaios II Filadelfos. Perpustakaan ini diperkirakan didirikan pada 285 hingga 246 SM. Perpustakaan ini menyimpan banyak gulungan papirus di dalamnya.

2. The Library of Pergamon

Perpustakaan Pergamon ini terletak di Pergamon, Turki. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan nasional yang ada di Pergamon, Turki. Bangunan perpustakaan ini merupakan perpustakaan terpenting pada masa dunia kuno. Menurut pernyataan Plutarch, perpustakaan ini menyimpan hingga 200.000 jilid. Perpustakaan ini dibangun pada abad ke-3 SM. Bangunan perpustakaan ini dibangun oleh Eumenes II antara tahun 220 dan 159 SM dan terletak di ujung utara Acropolis. Perpustakaan Pergamon ini menjadi bangunan perpustakaan kedua setelah perpustakaan besar di Aleksandria. Naskah-naskah di perpustakaan itu di tulis pada perkamen yang digulung dan disimpan pada rak-rak.

3. The Library of Celsus

The library of Celsus atau bisa disebut perpustakaan Celsus ini merupakan perpustakaan yang selesai dibangun pada tahun 135 M. Perpustakaan ini berada di Turki. Pada mulanya bangunan perpustakaan kuno ini dibangun untuk menghormati Tiberius Julius Celsus Polemaeanus. Bangunan ini dibangun oleh anak dari Celsus sendiri, yaitu yaitu Gaius Julius Aquila Polemaeanus. Perpustakaan Celsus pada masa itu merupakan perpustkaan ketiga terbesar di dunia. Perpustakaan Celcus ini menyimpan hingga 12.000 gulungan kertas papirus dan beberapa dokumen lokal. Di dalam perpustakaan Celsus juga terdapat bangunan makam monumental sebagai pernghargaan bagi Celsus.

4. The Imperial Library of Constantinople

Perpustakaan Kekaisaran Konstantinopel ini terletak di ibu kota Kekaisaran Bizantium. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan yang terakhir dari perpustakaan- perpustakaan besar dunia kuno. Perpustakaan ini pada mulanya didirikan oleh Konstantius II yang memerintah antara 337–361 M yang juga mendirikan Scriptorium sehingga karya sastra Yunani yang masih ada dapat disalin untuk pelestarian. Mayoritas karya klasik Yunani yang dikenal saat ini diketahui melalui salinan Bizantium yang berasal dari Perpustakaan Kekaisaran Konstantinopel tersebut.

5. Al-Qarawiyyin Library

Perpustakaan ini telah banyak mengundang daya tarik orang-orang di Fez, Maroko. Perpustakaan Al-Qarawiyyin ini merupakan perpustakaan tertua di dunia yang dibuka pada tahun 859 M. Pada masa itu, Fatima El-Fihriyathe memutuskan untuk membangun sebuah universitas dengan perpustakaannya sendiri, untuk dirinya sendiri dan para intelektual pada masanya. Universitas Al-Qarawiyyin yang dibangun pada masa itu memainkan peran penting dalam pertukaran budaya dan pengetahuan antara Muslim dan Eropa. Kabarnya perpustakaan Al-Qarawiyyin ini menyimpan beberapa teks tertua di dunia, termasuk Al-Quran abad ke-9 yang ditulis dalam Kufi (bentuk kaligrafi Arab yang tertua) pada kulit unta dan catatan kehidupan Nabi Muhammad abad ke-10. Selain itu, perpustakaan Al-Qarawiyyin juga menyimpan gulungan-gulungan kertas kuno di sana.

Begitulah cuplikan sejarah munculnya perpustakaan-perpustakaan tertua di dunia. Bukan hanya sebuah perpustakaan lama, namun didalamnya menyimpan dokumen-dokumen penting yang memuat sejarah dan ilmu pengetahuan.

(andri, 5/3/21)

About admin

Check Also

Rencanakan Workshop NPP dan Diklat Calon Kepala Perpustakaan, Bidang P3KM lakukan Rapat Konsultasi Staf dengan Kepala DPKD Kaltim

Samarinda – Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (P3KM) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *