BKD Kaltim Bekerjasama Dengan DPKD Kaltim untuk Laksanakan Penataan Arsip

SAMARINDA – Penataan arsip memegang peranan penting bagi kelancaran pelaksanaan tugas organisasi. Kumpulan arsip tersebut merupakan basis data dan sumber informasi terkait semua tahapan kegiatan yang telah dilakukan organisasi pada masa sebelumnya, yang bisa saja sangat diperlukan bagi organisasi pada saat ini atau masa mendatang. Oleh karena itu, perlu dilakukan dengan prosedur yang baik dan benar di dalam pengelolaan arsip untuk menjaga siklus arsip itu sendiri mulai dari tahap pembuatan, penggunaan, penyimpanan, pemeliharaan dan pemindahan serta pemusnahannya.

Sebagai upaya pengelolaan kearsipan yang kompherensif maka Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Prov. Kaltim bermaksud melaksanakan penataan maupun penyusutan arsip bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPKD) Prov. Kaltim.

Kerjasama penataan dan pengelolaan Arsip yang ditindaklanjuti dengan kunjungan oleh jajaran Dinas Arsip DPKD Prov. kaltim ke Kantor BKD Prov. Kaltim Jl. M. Yamin Samarinda pada Selasa 9 Maret 2021. Kunjungan dalam rangka peninjauan awal guna mendapatkan hasil rekomendasi terkait pengolahan dan penyusutan arsip di lingkup BKD Prov. Kaltim.

Diagendakan nantinya melakukan pendampingan penataan arsip. Kegiatan penyusutan arsip meliputi pemindahan arsip inaktif, pemusnahan arsip dan penyerahan arsip statis kepada lembaga kearsipan. Hadir menerima kunjungan Sekretaris BKD Kaltim Nina Dewi didamping Kasubag Umum Hj Siti Hasanah, kemudian jajaran Dinas Arsip terdiri dari Kabid Pembinaan Kearsipan dan Tenaga Kearsipan Suriana beserta para tenaga Arsiparis.

(Andri, 10/3/21)

foto : Renick BKD.Kaltim

About admin

Check Also

PERPUSTAKAAN MERCUSUAR KOTA BONTANG JUARA 1 PERPUSTAKAAN TERBAIK DESA KELURAHAN TINGKAT PROVINSI KALTIM TAHUN 2021

Samarinda – Perpustakaan Mercusuar Keluarahan Lok Tuan Kota Bontang, adalah Perpustakaan Kelurahan yang menjadi binaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *