Gubernur Kaltim, Buka Rakorda Perpustakaan dan Kearsipan Se-Kaltim Tahun 2021

BALIKPAPAN – Gubernur Kalimantan Timur Dr. H. Isran Noor secara resmi membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltim Tahun 2021 yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Provinsi Kaltim di Ballroom Hotel Grand Jatra Balikpapan, Selasa (16/03/2021).

Kegiatan Rakorda Perpustakaan dan Kearsipan dilaksanakan dengan penerapan protokol pencegahan Covid dengan jumlah peserta tatap muka yang di batasi hanya 30 orang dan ditunjang dengan menyiapkan kuota peserta 300 peserta melalaui streaming virtual zoom meeting.

Dalam kegiatan tatap muka dihadiri oleh sejumlah tokoh penting diantaranya : Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando, Deputi Pembinaan Kearsipan ANRI Sumrahyadi, Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpusnas RI Deni Kurniadie, Direktur Standarisasi Akreditasi Perpustakaan Perpusnas RI Supriyanto, perwakilan PT. Pupuk Kaltim, perwakilan Oganisasi Perangkat Daerah, perwakilan Dinas Perpustakan dan Arsip Kabupaten/Kota.

Dalam sambutannya Gubernur Isran Noor mengatakan, perpustakaan dan kearsipan sangat penting bagi sebuah manajemen kenegaraan. Karena memiliki nilai-nilai yang otentik dalam dokumentasi manajemen kenegaraan, kedaerahan dan lembaga-lembaga yang sangat menentukan masa depan suatu bangsa dan negara.

“Jika kita mengelolanya dengan baik maka kita bisa melihat data-data puluhan, ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu, sehingga kita paham sejarah dan mendapatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat,” kata Isran Noor.

Menurut dia, perpustakaan merupakan wahana belajar sepanjang hayat mengembangkan potensi masyarakat agar menjadi manusia yang unggul diberbagai bidang. Bidang kearsipan, mempunyai peranan sebagai pusat dan sumber informasi serta alat pengawasan yang sangat diperlukan oleh sebuah organisasi.

“Perpustakaan berperan penting dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan nasional. Dan pengelolaan kearsipan yang baik akan memperlancar kegiatan dan tujuan lembaga, organisasi, badan maupun perseorangan,” jelasnya.

“Rakorda ini bagus dalam upaya menyatukan gerak dan langkah serta pemikiran untuk mewujudkan masyarakat Kalimantan Timur yang gemar membaca dan tertib arsip. Serta menjadi bahan dalam membantu membuat renstra OPD DPKD untuk tahun 2022, terutama dalam meningkatkan sarana dan prasarana perpustakaan dan kearsipan di Benua Etam,” pungkasnya.

Rakor dirangkai penandatanganan MoU Gubernur Isran Noor dengan  perwakilan PT Pupuk Kaltim tentang Pengembangan Program Peningkatan Literasi Masyarakat. Juga penandatanganan perjanjian kerja sama Implementasi Sistem Informasi Pendataan Pendayagunaan Perpustakaan (SIPP) Kaltim antara Kepala DPKD Kaltim Drs. H. Elto, M.Si dengan Kepala DPKD kabupaten/kota Samarinda, Balikpapan, Bontang, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Penajam Paser Utara, Berau, Paser.

(andri, 16/3/21)

About admin

Check Also

Rencanakan Workshop NPP dan Diklat Calon Kepala Perpustakaan, Bidang P3KM lakukan Rapat Konsultasi Staf dengan Kepala DPKD Kaltim

Samarinda – Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (P3KM) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *