RAKORDA PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN HASILKAN 6 REKOMENDASI

Balikpapan – Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021 berakhir dan ditutup secara resmi oleh Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Prov. Kaltim Drs. H. Elto, M.Si pada hari Rabu (17/3/2021) di Ball Room Hotel Grand Jatra Balikpapan.

Rakorda yang mengangkat tema “Sinkronasi dan Koordinasi Program Akreditasi dan Sertifikasi Perpustakaan dan Kearsipan Dalam Rangka Mewujudkan Penyelenggaraan Perpustakaan dan Kearsipan Yang Berkualitas” dilaksanakan selama 2 (dua) hari sejak tanggal 16 s/d 17 Maret 2021.

Dalam Sambutannya sekaligus menutup kegiatan Rakorda tersebut Kadis DPKD Prov. Kaltim membacakan 6 butir Rumusan Rekomendasi Rakorda Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Timur Tahun 2021, sebagai berikut :

  1. Para peserta Rakor berkomitmen mendukung upaya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Prov. Kaltim dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan perpustakaan dan kearsipan melalui optimalisasi kegiatan akreditasi seluruh jenis perpustakaan dan Lembaga kearsipan serta sertifikasi tenaga perpustakaan dan arsiparis yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Timur.
  2. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Prov. Kaltim, Dinas Perpustakaan/Kearsipan Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Kalimantan Timur, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur dan Kabupaten/Kota, serta Kanwil kementerian Agama Prov. Kaltim dan Kabupaten/Kota diharapkan dapat mengoptimalkan koordinasi dan sinkronisasi dalam pelaksanaan kegiatan akreditasi perpustakaan dan sertifikasi tenaga pengelola perpustakaan (Pustakawan)
  3. Perpustakaan Nasional RI dan Arsip Nasional RI diharapkan dapat memberikan dukungan pendanaan melalui APBN/dana dekonsentrasi dalam pelaksanaan akreditasi/reakreditasi perpustakaan dan kearsipan serta sertifikasi tenaga pengelola perpustakaan dan arsiparis di Kaltim
  4. Perpustakaan Nasional RI diharapkan dapat berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama untuk merumuskan kebijakan untuk mewajibkan setiap sekolah dan perguruan tinggi untuk memiliki perpustakaan yang telah terakreditasi sebelum mengajukan akreditasi sekolah/perguruan tinggi.
  5. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Prov. Kaltim siap memfasilitasi peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang perpustakaan dan kearsipan khusus bagi pejabat struktural.
  6. Direncanakan untuk kegiatan Rakorda Tahun 2022 diadakan di Kabupaten Berau.

Rumusan Rekomendasi Rakorda Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Timur Tahun 2021 tersebut ditanda tangani oleh pewakilan peserta yang hadir secara tatap muka di Ball Room Hotel Grand Jatra Balikapapan, diantaranya : Plt. Kadi Perpustakan dan Arsip Kota Balikapapn Drs. Hasanuddin, M.Si, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Berau M. Hendratno. MH, AP., Kepala Perpustakaan Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda Yuliana Rosta, Kepala Perpustakaan SMA N 1 Balikpapan Dra. Anis Rohana, dan Kadis DPKD Prov. Kaltim Drs. H. Elto, M.Si

(andri, 19/3/2021)

About admin

Check Also

PERPUSTAKAAN MERCUSUAR KOTA BONTANG JUARA 1 PERPUSTAKAAN TERBAIK DESA KELURAHAN TINGKAT PROVINSI KALTIM TAHUN 2021

Samarinda – Perpustakaan Mercusuar Keluarahan Lok Tuan Kota Bontang, adalah Perpustakaan Kelurahan yang menjadi binaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *