BIMTEK, WORKSHOP, DAN KONSULTASI SOLUSI MOTIVASI PUSTAKAWAN YOGYAKARTA IKUTI SERTIFIKASI

BALIKPAPAN – Fungsi pustakawan adalah untuk mengelola perpustakaan secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka. Perpustakaan diharapkan dapat memberikan layanan minimal sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP). Hal tersebut disampaikan oleh Kadis Perpustakaan dan Arsip Provinsi D.I. Yogyakarta Monika Nur Lastiyani, MM saat menjadi narasumber secara virtual pada acara Rakorda Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kaltim Selasa (16/3/2021) di Grand Jatra Balikpapan Kalimantan Timur.

Monika Nur Lastiyani memberikan pemaparan Akreditasi Perpustakaan dan Sertifikasi Pustakawan di Provinsi D.I. Yogyakarta. Beliau memberikan pandangan bahwa tujuan Akreditasi Perpustakaan adalah untuk melihat apakah aspek-aspek penyelenggaraan perpustakaan sudah sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP)

Lebih lanjut beliau memaparkan seputar permasalahan yang menjadi kendala saat akreditasi perpustakaan, diantaranya adalah : Ketakutan perpustakaan tidak lolos akreditasi, Kurangnya inisiatif untuk mengajukan diri untuk akreditasi (hanya SMA 2 Bantul yang mengajukan diri), semua menunggu ditunjuk oleh DPAD, Kurangnya kesadaran akan manfaat Akreditasi Perpustakaan Pandemi Covid-19, Pembatasan pendampingan lapangan dikarenakan pandemi covid-19, Perubahan penilaian dari visitasi  lapangan menjadi  online.

Beliau memberikan tips untuk menghadapi permasalah akreditasi perpustakaan dengan motivasi tinggi Pustakawan dari DPAD Provinsi DIY untuk melakukan survey awal untuk mengumpulkan data Perpustakaan yang bisa melakukan akreditasi, ungkapnya.

Selanutnya beliau melangkah ke pembahasan Tujuan Sertifikasi Pustakawan Agar dapat menjalankan fungsi utamanya sebagai pustakawan yaitu mengelola perpustakaan secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka dan sebagai syarat untuk kenaikan jabatan.

Dalam kesempatan tersebut beliau berbagi pengalaman memotivasi pustakawan untuk mau mengikuti sertifikasi. Pustakawan haruslah di bekali dengan Bimtek dan Workshop agar Pustakawan termotivasi untuk melakukan sertifikasi, dan yang terpenting juga Pustakawan yang akan mengikuti sertifikasi harus mendapat informasi dengan berkonsultasi dengan yang sudah berpengalaman.

(andri, 19/3/2021)

About admin

Check Also

Rencanakan Workshop NPP dan Diklat Calon Kepala Perpustakaan, Bidang P3KM lakukan Rapat Konsultasi Staf dengan Kepala DPKD Kaltim

Samarinda – Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (P3KM) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *