PERPUSTAKAAN KELILING DI LAPAS RUTAN SEMPAJA DAN LAPAS NARKOTIKA SAMARINDA

Samarinda – Perpustakaan sebagai salah satu sarana pemenuhan kebutuhan masayarakat terhadap informasi dan ilmu pengetahuan ditujukan untuk seluruh lapisan masyarakat, untuk itu dibutuhkan inovasi program yang dapat menunjang kinerja perpustakaan, salah satunya adalah dengan menghadirkan perpustakaan keliling.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Prov. Kaltim melalui Bidang Layanan, Otomasi, Kerjasama Perpustakaan (LOKP) melaksanakan kegiatan Perpustakaan Keliling dimasa pandemic dalam rangka mendekatkan bahan bacaan sebagai salah satu media informasi dan pemenuhan kebutuhan literasi.

Pada hari Senin (05/04/2021) DPKD Prov. Kaltim melaksanakan program Perpustakaan Keliling ke dua tempat yang berbeda yaitu Rutan Kelas 2 Jl. Wahid Hasyim 2 No.36 Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda, dan Lapas Narkotika Samarinda Jalan Padat Karya, Sempaja Utara, Kota Samarinda,

Kunjungan perpustakaan keliling ke Rutan kelas 2 Sempaja diikuti oleh tim perpustakaan keliling diantaranya Tajuddin (Pustakawan DPKD Kaltim), Roni, Agung dan kawan-kawan yang diterima oleh Bapak Agus Salim Petugas Rutan kelas 2 Sempaja dalam rangka layanan Book drop dan silang layan perpustakaan.

Ditempat berbeda di hari yang sama tim perpustakaan keliling yang diikuti oleh Parno (Pustakawan DPKD Kaltim), bapak Alimin dan kawan-kawan melaksanakan hal yang serupa yaitu dalam rangka layanan Book drop dan silang layan perpustakaan di Lapas Narkotika Samarinda.

Perpustakaan keliling adalah perpustakaan yang bergerak dengan membawa bahan perpustakaan untuk melayani masyarakat dari satu tempat ke tempat lain yang belum terjangkau oleh perpustakaan umum. Salah satu tujuan dilaksanakannya program perpustakaan keliling dengan sistem Book drop maupun silang layan adalah untuk menjalin kerja sama dengan lembaga masyarakat sosial, pendidikan, dan pemerintah daerah dalam meningkatkan kemampuan intelektual dan kultural masyarakat khususnya dalam peningkatan literasi masyarakat di Kalimantan Timur.

(andri, 05/04/2021)

Foto : Agung P. 

About admin

Check Also

PERPUSTAKAAN MERCUSUAR KOTA BONTANG JUARA 1 PERPUSTAKAAN TERBAIK DESA KELURAHAN TINGKAT PROVINSI KALTIM TAHUN 2021

Samarinda – Perpustakaan Mercusuar Keluarahan Lok Tuan Kota Bontang, adalah Perpustakaan Kelurahan yang menjadi binaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *