RAPAT LAPORAN MAGANG KE PERPUSTAKAAN NASIONAL RI 8 – 10 APRIL 2021

Samarinda – Pada hari Senin, 12 April 2021 Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Prov. Kaltim Pak H. ELTO, M.Si, bersama Kepala Bidang P3KM Taufik, S. Sos, M. Si. melaksanaan  Rapat terkait Laporan  Magang ke Perpustakaan Nasional RI yang dilaksanakan oleh Pejabat Struktural, Pegawai JFU dan Pustakawan. Adapun pegawai yang ditugaskan untuk magang tersebut antaralain yaitu :

  1. Kasi Pengembangan Pembudayaan Kegemaran Membaca (Nikko Dwi Nanda.A, S.H)
  2. Pramuhadi Karna, S. Sos (Staf. KasiTenaga Perpustakaan)
  3. Marthen Rumana, S. Sos (Pustakawan Ahli Muda)
  4. Sabariah, S. I. Kom (Pustakawan Ahli Muda)
  5. Hartati, S.E (Staf Kasi. P2KM)
  6. Wilis Dian Shinta, S.E, MA (Staf. Kasi Tenaga Perpustakaan)
  7. Nurma Yunita (Tenaga Kontrak)

Rapat dibuka oleh Kabid P3KM Taufik, S. Sos, M.Si dilanjutkan pemaparan dari Kasi Pengembangan Pembudayaan Kegemaran Membaca sebagai Pimpinan rombanagn yang Magang di Perpustakaan Nasional RI ( Nikko Dwi Nanda, Armanjaya, S.H) serta masukan dari teman teman yang ikut dalam rombangan tersebut. Masing masing menjelaskan terkait dengan kegiantan Kasi masing-masing.

Setelah mendengarkan penjelasan dari Kepala Seksi Pengembangan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Sdr. Nikko Dwi Nanda Armanjaya, S.H dan masukkan dari teman-teman yang ikut serta dalam rombingan Magang tersebut, serta arahan dari Kepala Dinas Perpustakaan Drs. H. Elto, M. Si, maka hasil rapat tersenut disimpulkan sebagai berikut :

  1. Langkah yang diambil sekiranya ada pertemuan resmi dengan Kemendiknas Prov, Kab/Kota, Kemenag. Pertemuan ini membicarakan tentang target 1000 Perpustakaan yang akan di Akreditasi di Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021.
  2. Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial untuk berkoordinasi ke Asisten, pertemuan program TPBIS dengan OPD terkait.
  3. Adanya pertemuan dengan Kab/Kota untuk Adminstrasi Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) di Kab/Kota masing-masing dan juga mengundang unsur yang terkait seperti, Diknas Provinsi, Kab/Kota, Kemenag perwakilan Kab/Kota beserta Narasumber yang juga mengundang 50 orang dalam acara yang akan dilakukan diruangan Aula Pustaka Utama.
  4. Diklat untuk calon Kepala Perpustakaan Sekolah pola 120 jam. Mekanismenya IPI yang aktif bersurat ke Pusdiklat. Membuat Perjanjian Kerjasama (PKS)  

Sebagaimana pengalaman kami dan rombonga saat melakukan pemagangan juga disampaikan pada rapat tersebut bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Prov. Kaltim.

(Sabariah, 14/April/2021)

About admin

Check Also

TINGKATKAN JUMLAH PERPUSTAKAAN TERAKREDITASI TAHUN 2021 DPKD PROV. KALTIM MAKSIMALKAN KEGIATAN PEMBINAAN MELALUI BIMTEK MENGHADAPI AKREDITASI

Samarinda, 10 Maret 2021,  Bidang Pengembangan Perpustakaan, Oleh Marthen Rumana Perpustakaan adalah institusi pengelola karya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *