Presiden Joko Widodo Luncurkan Program Literasi Digital Nasional

Foto : https://www.kaltimprov.go.id/

Samarinda – Pada hari Kamis 20 Mei 2021 Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor telah mengikuti secara khusus live streaming peluncuran Indonesia Makin Cakap Digital di Ruang Heart of Borneo theater Kantor Gubernur Kaltim Lantai 2 Jl. Gadjah Mada Samarinda.

Foto : https://www.kaltimprov.go.id/

Peluncuran Program Literasi Digital Nasional secara langsung dan virtual dilakukan Presiden Joko Widodo dari Istana Negara Jakarta, disiarkan melalui di 16 stasiun TV di 34 provinsi dan kabupaten/kota secara serentak se-Indonesia.

Dalam pidatonya, Presiden RI Joko Widodo menegaskan tantangan di ruang digital semakin besar, bahkan sangat besar. Konten-konten negatif terus bermunculan dan kejahatan di ruang digital terus meningkat.

“Hoaks, penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual pada anak, perundungan siber, ujaran kebencian, radikalisme berbasis digital perlu terus diwaspadai, karena mengancam persatuan dan kesatuan bangsa,”

Foto : https://www.kaltimprov.go.id/

Menurut Beliau, kewajiban bersama lanjutnya, untuk terus meminimalkan konten negatif yang membanjiri ruang digital dengan konten-konten positif. “Banjiri terus, isi terus dengan konten-konten positif. Kita harus tingkatkan kecakapan digital masyarakat agar mampu menciptakan lebih banyak konten-konten kreatif yang mendidik, yang menyejukkan, yang menyerukan perdamaian, internet harus mampu meningkatkan produktivitas masyarakat, membuat UMKM naik kelas.” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo memberikan sebuah statemen dan pernyataaan bahwa “Literasi digital adalah kerja besar, pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, perlu dukungan seluruh komponen bangsa agar semakin banyak masyarakat yang melek digital.

Presiden Joko Widodo turut memgapresiasi sebanyak 110 lembaga dan berbagai komunitas yang terlibat dalam program literasi digital nasional ini,”. Belaiu berharap gerakan ini menggelinding dan terus membesar, bisa mendorong berbagai inisiatif di tempat lain yang dapat melakukan kerja-kerja konkret di tengah masyarakat agar makin cakap memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif.

(andri, 21/05/2021)

Sumber dan Foto : https://www.kaltimprov.go.id/

About admin

Check Also

On The Spot Penilaian Lapangan Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2021 di Wilayah Kutai Barat

Pendampingan pada Penilaian Lapangan (On The Spot) Pada Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *