PERPUSNAS RI LAKSANAKAN BIMTEK STRATEGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DAN TIK DI KALTIM

Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI melakukan berbagai upaya dan inovasi dalam mengembangkan literasi dan peningkatan minat baca pada masyarakat secara umum. Pada hari Rabu (2/Juni/2021) yang lalu, Perpusnas RI bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Prov. Kaltim telah melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Strategi Pengembangan Perpustakaan dan Teknologi Informasi Komunikasi (SPP-TIK) untuk Provinsi Kalimantan Timur di Swis Hotel Borneo Samarinda.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala DPKD Prov. Kaltim Drs. H. Elto, M.Si yang didampingi Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (BP3KM) Taufik, S.Sos, M.Si.

Dalam Sambutannya, Kepala DPKD Prov. Kaltim H. Elto menyampaikan , salah satu upaya yang dilakukan untuk mengembangkan literasi dan peningkatan minat baca adalah dengan mengembangkan perpustakaan berbasis inklusi sosial dengan pemanfaatan teknologi informasi.

Lebih lanjut beliau mengatakan, dengan melibatkan berbagai pihak diharapkan masyarakat memiliki rasa keingin tahuan tentang sebuah informasi yang bisa didapat dari bahan bacaan, kemudian memandu masyarakat tersebut dalam mengaplikasikan dan mengambil manfaat untuk menciptakan sebuah hal maupun produk yang bermanfaat dari bahan bacaannya.

Mengakhiri sambutannya H. Elto menyampaikan, agar para peserta bisa menyerap materi yang disampaikan, dan dapat diterapkan dalam pengelolaan perpustakaan di masing-masing daerahnya.

Pada kesempatan tersebut hadir Bapak Dedi Junaidi selaku Pustakawan Utama Perpusnas RI dalam hal tersebut mewakili kepala Perpusnas RI. Dalam sambutannya, beliau mengatakan kegiatan Bimtek SPP-TIK diharpkan mampu menyebarkan virus literasi di tengah masyarakat, karena program inklusi sosial adalah bagian dari upaya mengubah prespektif perpustakaan yang pada zaman dulu terkesan eksklusif menjadi terbuka.

Selanjutnya Dedi memaparkan, bahwa Perpusnas saat ini telah memiliki Sejumlah pengembangan yang dilakukan diantaranya mengembangkan pelayanan berbasis internet untuk memudahkan masyarkat mengakses koleksi buku yang tersedia.

Mengintegrasikan semua koleksi di perpustakaan daerah dalam jejaring Internet. Diakatan Dedi, saat ini Perpusnas RI memiliki aplikasi yang bisa diakses melalui medsos seperti Indonesia One Search yang bisa diunduh melalui playstore serta e-Resources yang menyediakan jurnal-jurnal.

Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Strategi Pengembangan Perpustakaan dan Teknologi Informasi Komunikasi (SPP-TIK) untuk wilayah Provinsi Kalimantan Timur tersebut berlangsung mulai tanggal 2 -5 Juni 2021, yang diikuti 26 orang peserta dari Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabuapten Berau.

(andri, 7/6/2021)

sumber dan foto : Taufik

About admin

Check Also

Layana Perpustakaan Keliling Pustaka Anak Bangsa

Samarinda – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Prov.Kaltim melaksanakan program layanan Perpustakaan Keliling Pustaka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *