Layana Perpustakaan Keliling Pustaka Anak Bangsa

Samarinda – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Prov.Kaltim melaksanakan program layanan Perpustakaan Keliling Pustaka Anak Bangsa dimasa pandemi covid-19 melalui Bidang Layanan, Otomasi dan Kerjasama Perpustakaan.

Dengan menggunakan sistem book drop layanan perpustkaan keliling pustaka anak bangsa di lakukan di tiga lokus yang berbeda mulai tanggal 2 s/d 4 Juni 2021 yang lalu, yaitu : UPTD Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma Samarinda, UPTD Panti Sosial Asuhan Anak Harapan Samarinda, UPTD Panti Sosial Bina Remaja Samarinda.

Layanan Perpustakaan Keliling Pustaka Anak Bangsa di 3 UPTD milik Dinas Sosial Prov. Kaltim tersebut, sangat terasa sekali manfaatnya. Seperti yang diungkapkan oleh Ibu Salawati selaku Kepala UPTD Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma, bahwa buku-buku bahan bacaan yang di bawa oleh perpustakaan keliling dapat menutupi kekurangan dari buku-buku pelajaran dan buku-buku yang menginspirasi anak binaan panti untuk bisa menggali bakat dan potensi diri sesuai dengan hobinya.

Hal yang senada juga dikatakan oleh Bapak Indra Isnaini selaku Kepala UPTD Panti Sosial Asuhan Anak Harapan Samarinda, menurutnya anak binaan panti merasa termotivasi dengan buku-buku bahan bacaan yang merupakan jendela dunia, sehingga anak binaan panti memiliki spirit tersendiri untuk menggali potensi dan mengasah bakat mereka yang belum mereka dapatkan dari pelajaran disekolah, terlebih disaat pandemi ini, ungkapnya.

Selanjutnya Bapak Benyamin Janarto selaku Kasi Penyantunan dan Pelayanan UPTD Panti Sosial Bina Remaja, menyampaikan terkait pembekalan di panti tentang keterampilan otomotif, tataboga, tatabusana (membatik) dan kecantikan. Pihaknya sangat terbantu dengan adanya buku bahan bacaan dari layanan perpustakaan keliling Pustaka Anak Bangsa.

Pihaknya berharap agar kegiatan layanan Pustaka Anak Bangsa dapat terus di laksanakan oleh Dinas Perpustakaan Kaltim dan buku-buku yang disediakan bisa lebih bervariatif, terkait dengan kebutuhan bahan informasi di UPTD Panti Sosial Bina Remaja adalah anak yang meningjak usia remaja yang membutuhkan bekal ilmu keterampilan bagi mereka untuk siap mengahadapi dunia kerja kedepannya.

(andri, 8/6/2021)

foto : Bayu,Suwardi

About admin

Check Also

PERPUSNAS RI LAKSANAKAN BIMTEK STRATEGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DAN TIK DI KALTIM

Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI melakukan berbagai upaya dan inovasi dalam mengembangkan literasi dan peningkatan minat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *