On The Spot Penilaian Lapangan Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2021 di Wilayah Kutai Barat

Pendampingan pada Penilaian Lapangan (On The Spot) Pada Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021.

Barong Tongkok, 7 Juni 2021 Tim Juri bersama Kadis melakukan kunjungan pada Perpustakaan Desa Juaq Asa di Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat. Kampung Juaq Asa sebagai salah satu Locus Penilaian Lapangan (On The Spot) Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021.

Dewan Juri dan Panitia Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Keluraha) Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021 telah melakukan penilaian factual di lapangan dari tanggal 6 sampai  dengan 8 Juni 2021.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Prov. Kaltim (Drs. H. Elto, M.Si) berkesempatan berdiskusi dengan petinggi (sebutan untuk Kepala Kampung/Desa di Kubar) ADRIANUS seputaran pengembangan Literasi khususnya pengembangan Perpustakaan di Kampung Juaq Asa. Pak Kadis mengharapakan supaya semua potensi dan kekuatan (Seperti Karang Taruna, PKK, LSM, dan Masyarakat yang ada lainnya) turut juga mendukung dana yang dimiliki Kampung Juaq Asa supaya dimaksimalkan peran sertanya dalam pengembangan perpustakaan.

Melihat perkembangan yang ada, Kampung Juaq Asa sangat berpotensi dikembangkan menjadi Kampung Literasi yang maju. Setelah Tim Juri memberik penilaian terhadap seluruh aspek yang dinilai dalam point-point penilaian lomba tersebut, sekaligus juga memberi arahan dan solusi terhadap permasalahan yang mungkin diambil untuk pengembangan perpustakaan di masa mendatang, Pak Adrian sebagai petinggi Kampung Juaq Asa sangat berterima kasih atas kesempatan ini, atas semua saran dan masukan yang diberikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur dan dewan Juri untuk memotivasi warga agar menjadikan Kampung Juaq Asa maju dalam pengembangan Perpustakaan khususnya dan literasi umumnya.

Pak Ardian juga memaparkan  apabila Kampung Juaq Asa berprestasi dalam hal pengembangan perpustakaan, maka akan melengkapi prestasi-prestasi yang telah diraih kampung ini sebelumnya yaitu :

  1. Juara 1 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tahun 2019
  2. Sebagai Kampung Terbaik ke 3 Penghargaan dari Gubernur Kaltim Tahun 2019
  3. Pengelola Hutan Adat terbaik dalam potensi pengembangan Wisata dari Preiden RI
  4. Pengembangan Wisata Air Hemaq Beniung.

Demikian harapan para Petinggi Desa Juaq Asa yang ada di Kutai Barat dan masyarakat yang ada di Desa Juaq Asa untuk lebih memajukan desa untuk mengembangkan Literasi. Salam Literasi, literasi untuk kesejahteraan.

About admin

Check Also

PERPUSNAS RI LAKSANAKAN BIMTEK STRATEGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DAN TIK DI KALTIM

Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI melakukan berbagai upaya dan inovasi dalam mengembangkan literasi dan peningkatan minat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *