KAMPUNG JUAQ ASA Dan LITERASI

Juaq Asa adalah salah satu kampung di kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia

Kampung Juaq Asa sebagai salah Locus Penilaian Lapangan (On The Spot) Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021, telah dilakukan penilaian faktual di lapangan oleh Dewan Juri dan Panitia dari tanggal 6 sampai dengan 8 Juni 2021.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Bapak H. ELTO berkesempatan berdiskusi dengan Petinggi (sebutan untuk Kepala Kampung/Desa di Kubar) ADRIANUS seputaran pengembangan Literasi khususnya pengembangan perpustakaan di Kampung Juaq Asa.

Pak Kadis mengharapkan supaya semua potensi dan kekuatan (seperti Karang Taruna, PKK, Masyarakat dan lainnya) yang ada dengan dukungan dana yang di miliki Kampung Juaq Asa supaya di maksimalkan peran serta nya dalam pengembangan perpustakaan, melihat dan mengamati bahwa Kampung Juaq Asa sangat berpotensi dikembangkan menjadi Kampung Literasi yang maju. Dewan Juri telah memberikan penilaian terhadap seluruh aspek yang di nilai dalam point point lomba tersebut, sekaligus juga memberi arahan dan solusi terhadap permasalahan yang mungkin diambil untuk pengembangan perpustakaan di masa mendatang

Pak Adrianus sebagai Petinggi Kampung Juaq Asa sangat berterimakasih atas moment ini, atas semua saran dan masukan yang diberikan oleh Pak Kadis dan Dewan Juri, sehingga memotivasi untuk menjadi Kampung Juaq Asa maju dalam pengembangan perpustakaan khususnya dan literasi umumnya. Pak Adrianus juga memaparkan apabila Kampung Juaq Asa berprstasi dalam hal pengembangan perpustakaan maka akan melengkapi prestasi prestasi yang telah diraih kampung ini sebelumnya yaitu : Juara Satu Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tahun 2019, Penerima Piagam Penghargaan Dari Gubernur Kaltim ahun 2019 sebagai Kampung terbaik tiga, Berkesempatan dipanggil pak Presiden RI ke Istana sebagai pengelola Hutan Adat terbaik dan potensi pengembangan Wisata Air Hemaq Beniung.

Perpustakaan Kampung Juaq Asa sangat berterimakasih apabila ada masyarakat atau institusi yang tidak mengikat akan memberikan sumbangan atau hibah buku buku dan karya karya yang berpotensi untuk pengembangan masyarakat di kampung ini.

Salam Literasi

Literasi maju, masyarakat cerdas

PINEHAS SAGALA (Pendamping Dewan Juri)

About admin

Check Also

5 Perpustakaan Di Dunia, Diantaranya Ada Yang Didirikan Sebelum Masehi

Perpustakan merupakan salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh para pecinta buku. Tak jarang banyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *