GUBERNUR KALTIM BERIKAN PENGANUGERAHAN PENGHARGAAN PENINGKATAN LITERASI BAGI MASYARAKAT DAN KEPUSTAKAWANAN TINGKAT PROVINSI KALTIM TAHUN 2021

Samarinda – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Provinsi Kalimantan Timur melalui Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (P3KM) telah melaksanakan Penganugrahan Penghargaan Lomba Peningkatan Literasi Masyarakat dan Kepustakawanan Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021.

Penganugrahan Penghargaan tersebut dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Timur Bapak Dr.Ir. H. Isran Noor, M.Si pada hari Rabu, 23 Juni 2021 pukul 9.00 wita bertempat di (Odah Etam) Lamin Etam Jalan Gadjah Mada No. 2 Samarinda.

Dalam kesempatan tersebut Laporan Ketua Panitia (Taufik, S. Sos, M.Si) menyampaikan beberapa katagori lomba yang diberikan pada para pengiat literasi dan kepustakawanan yaitu :

  1. Lomba Perpustakaan SLTA Terbaik Tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2021 yang berhasil diraih oleh SMA Negeri 7 Berau sebagai Juara I.
  2. Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2021 yang berhasil diraih oleh Perpustakaan Mercusuar Kelurahan Lok Tuan Kota Bontang sebagai Juara I.
  3. Lomba Pustakawan Berprestasi Tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2021 yang berhasil dimenangkan oleh Bapak Pesmo Aprihandono dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bontang sebagai Juara I.
  4. Lomba Resensi Buku untuk SMA/SMK/MA Tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2021 yang berhasil dimenangkan oleh Ariel Carfine Syaloomita dari Kota Balikpapan sebagai Juara I.
  5. Lomba Bertutur Siswa-Siswi SD/Madrasah Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021 yang berhasil dimenangkan oleh adik kita Jocelyn Tjahyono dari Kota Balikpapan sebagai Juara I.

Pada kesempatan tersebut salah satu tujuan diberikannya Penganugrahan Penghargaan adalah untuk menumbuhkan budaya gemar membaca dengan pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan guna  meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa serta memberikan apresiasi dan motifasi pada para pengiat literasi agar lebih bersemangat dalam mengelola perpustakaan.

Penganugrahan Penghargaan tersebut dihadiri dan diikuti oleh seluruh Dewan Juri dari semua jenis lomba, seluruh peserta yang masuk nominasi, Kadis Perpustakaan Kabupaten/Kota maupun tenaga pengelola perpustakaan dari unsur instansi pemerintah dan para Undangan dari beberapa OPD yang terkait.

Bagi para pemenang Juara 1,2,3 dan Harapan 1,2,3 berhak mendapatkan piagam pengahragaan, uang pembinaan, dan Trophy yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Kaltim H. Isran Noor. Para pemenang yang menjadi juara 1 pada masing masing Lomba, akan diikutkan pada ajangan Lomba yang sama di Tingkat Nasional.

(Sabariah, 24/06/2021)

editor : andri

About admin

Check Also

PERPUSTAKAAN MERCUSUAR KOTA BONTANG JUARA 1 PERPUSTAKAAN TERBAIK DESA KELURAHAN TINGKAT PROVINSI KALTIM TAHUN 2021

Samarinda – Perpustakaan Mercusuar Keluarahan Lok Tuan Kota Bontang, adalah Perpustakaan Kelurahan yang menjadi binaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *