PERPUSTAKAAN MERCUSUAR KELURAHAN LOK TUAN KOTA BONTANG RAIH JUARA I LOMBA PERPUSTAKAAN UMUM TERBAIK (DESA/KELURAHAN) TINGKAT PROVINSI KALTIM TAHUN 2021

Perpustakaan Mercusuar adalah Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan yang terletak di Kelurahan Lok Tuan yang berada di Kota Bontang. Perpustakaan ini merupakan Binaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bontang.

Pada tahun 2021 ini Perpustakaan Mercusuar Kelurahan Lok Tuan Kota Bontang berhasil mendapat penghargaan sebagai Juara 1 Tingkat Provinsi Tahun 2021, berdasarkan Berita acara Pengumuman Pemenang Lomba Tanggal, 16 Juni 2021 yang dibacakan oleh Ketua Tim Juri Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021.

Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Tahun 2021 mengusung tema Mari Kita Ciptakan Perpustakaan Desa/Kelurahan Sebagai Sumber Informasi Dan Ilmu, Serta Wahana Belajar Mandiri Dalam Mewujudkan Masyarakat Cerdas, Berpengetahuan Luas, Kreatif, Dan Sejahtera Dalam Berinovasi Di Era Global”.

Perpustakaan Mercusuar berhasil sebagai juara pertama Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Provinsi Tahun 2021 dengan nilai 989 yang mengungguli peserta lain dari 6 Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan).

Perpustakaan Mercusuar Kelurahan Lok Tuan Kota Bontang memiliki keunggulan dari peserta lainnya berdasarkan 10 (sepuluh) aspek yang dinilai meliputi :

  1. Kelembagaan Perpustakaan (Organisasi/Struktur)
  2. Gedung / Ruang Perpustakaan
  3. Perabot dan Perlengkapan
  4. Tenaga Pengelola Perpustakaan
  5. Koleksi Perpustakaan
  6. Layanan Perpustakaan
  7. Anggaran Perpustakaan
  8. Kerjasama Perpustakaan dan Dukungan Pemerintah
  9. Promosi Perpustakaan
  10. Kegiatan Perpustakaan yang Bermanfaat Bagi Masyarakat

Penilaian penjurian Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Tahun 2021 dilakukan dengan metode penilaian dokumen administrasi dan verifikasi kunjungan ke lapangan (On The Spot) yang dilakukan oleh Tim Juri beserta petugas pendamping dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimanatan Timur yang terdiri dari Bapak Fahrullah (Ketua Tim Juri), Erma Wulandari (Sekretaris Juri merangkap Anggota), Maria Anna Raheni (Anggota), Sabariah (Pendamping dari Provinsi).

Kegiatan Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan tahun 2021 adalah sebagai upaya meningkatkan pelayanan Perpustakaan desa/kelurahan serta wujud apresiasi Pemerintah (Perpusnas RI) kepada Perpustakaan Desa/Kelurahan yang telah memberikan kinerja terbaik di wilayah Provinsi Kaltim.

Kegiatan ini juga dapat memacu para pegelola Perpustakaan Desa/Kelurahan untuk lebih giat lagi berinovasi dan kreatif dalam mengelola perpustakaan. Kegiatan ini terlaksana dengan baik karena adanya Kerjasama antara Perpustakaan Nasional RI, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Prov. Kaltim dan Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten/Kota serta berbagai instansi terkait lainnya juga partisipasi masyarakat.

Perpustakaan Mercusuar Kelurahan Lok Tuan Kota Bontang yang berhasil mendapat penghargaan sebagai Juara 1 Tingkat Provinsi Kaltim akan diikut sertakan pada ajang Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan terbaik tingkat Nasional.

(Sabariah, 24/06/2021)

Editor : andri

About admin

Check Also

PERPUSTAKAAN MERCUSUAR KOTA BONTANG JUARA 1 PERPUSTAKAAN TERBAIK DESA KELURAHAN TINGKAT PROVINSI KALTIM TAHUN 2021

Samarinda – Perpustakaan Mercusuar Keluarahan Lok Tuan Kota Bontang, adalah Perpustakaan Kelurahan yang menjadi binaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *