WORKSHOP AKREDITASI PERPUSTAKAAN “MEWUJUDKAN PERPUSTAKAAN YANG BERKUALITAS DI KALTIM SESUAI DENGAN STANDAR NASIONAL PERPUSTAKAAN (SNP)”

 Pengembangan Perpustakaan  28-29 Oktober  2021,  Marthen Rumana

Workshop Akreditasi Perpustakaan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Prov.Kaltim pada Kamis, 28 Oktober  2021, berlokasi di Ruang Balai Pustaka Lantai 2  Gedung Juanda Ruang Layanan Kediklatan DPKD Prov. Kaltim. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang berasal dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota Se Kalimantan Timur dan dari unsur Sekolah Tingkat SLTA yang diwakili oleh Ketua MKKS masing-masing tingkatan. Selain itu ada juga peserta yang berasal dari Perpustakaan Perguruan Tinggi. Peserta yang mengikuti workshop ini di undang untuk mengikuti rangkaian pelaksanaan Akreditasi Perpustakaan yang diselenggarakan secara Daring dan Luring oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah melalui Seksi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Perpustakaan, menghadirkan Narasumber Asesor Senior dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan (LAP) Perpustakaan Nasional RI, yaitu Bapak Drs. Bambang Supriyono Utomo, M.Lib. dan Bapak Drs. B. Mustafa, M.Lib.

Tujuan dari workshop akreditasi perpustakaan, mengharapkan semua perpustakaan se Kalimantan Timur berstandar nasional, seperti yang telah dijelaskan pada Undang-Undang No. 43 Tahun 2007 pada pasal 11 ayat 2, pasal 17, pasal 18 dan pasal 21. Manfaat dari akreditasi perpustakaan yaitu perpustakaan kita diakui secara Nasional dalam setiap kegiatan pelayanan perpustakaan baik pelayanan sirkulasi, referensi, BI corner dan lain-lain sudah berstandar nasional dan itu semua terakui dengan sertifikat yang akan perpustakaan terima.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Prov. Kaltim, Bapak Drs. H. Elto, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan peran perpustakaan di sekolah sangat dibutuhkan sebagai salah satu upaya untuk mencerdaskan anak bangsa melalui penyelenggaraan perpustakaan yang sesuai Standar Nasional Perpustakaan (SNP). Karena hal tersebut Bapak Kepala Dinas, berpesan agar kegiatan Akreditasi Perpustakaan jangan dijadikan beban, yakin pasti ada jalan dalam mewujudkan Perpustakaan yang dapat memberi manfaat.

1).Membangun dan meningkatkan kualitas dan citra perpustakaan serta lembaga yang menaunginya, 2). Sarana mengukur keberhasilan perpustakaan, 3). Meningkatkan kepercayaan dan pengakuan masyarakat (trush) terhadap kinerja perpustakaan; 4).Memotivasi pengelola perpustakaan untuk berbenah meningkatkan pengelolaan perpustakaannya. Selain itu, Narasumber Asesor Senior Bapak Bambang, yang menyampaikan pesan untuk para peserta Workshop, mari untuk bersama-sama mewujudkan Perpustakaan Sekolah yang berstandar Nasional.

Terselenggaranya kegiatan Workshop Akreditasi Perpustakaan menjadi langkah awal dari perjalanan Akreditasi Perpustakaan yang diharapkan seluruh peserta workshop dapat memotivasi sekolah sekaligus komponen penguat dalam kegiatan Akreditasi Perpustakaan. Walaupun terdapat kendala dalam penyelenggaraan Akreditasi Perpustakaan di masa pandemi ini, tetapi pelaksanaan Akreditasi Perpustakaan tetap dilaksanakan secara  offline atau daring oleh Lembaga Akreditasi Perpustakaan (LAP).

Oleh: Marthen Rumana, S.Sos. (Pustakawan Ahli Muda)

Editor Roni

About admin

Check Also

Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 3 Samarinda Sambangi Arsip DPK Kaltim

Samarinda- Arsip DPK Kaltim kembali kedatangan tamu istimewa. Para siswa SD Muhammadiyah 3 Samarinda Sebrang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *