On The Spot Penilaian Lapangan Panji Keberhasilan Bidang Perpustakaan.

Tenggarong – Penilaian Lapangan Panji Keberhasilan Pembangunan Kalimantan Timur Bidang Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Tahun 2021. On The Spot yang dilaksanakan pada Kamis (04/11/2021). Di Ruang Theater Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kabupaten Kutai Kertanegara.

Penilaian Panji-panji keberhasilan adalah penilaian pembangunan bidang perpustakaan yang merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur kepada kabupaten /kota yang telah berhasil dalam melaksanakan program-program pembangunan di bidang perpustakaan dengan baik dan luar biasa dalam melaksanakan pembangunan di bidang perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca.

On The Spot di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kutai Kertanegara ini dilaksanakan setelah melewati tahap penilaian verifikasi instrumen yang telah di laksanakan sebelumnya. Dalam ajang Penilaian panji-panji keberhasilan pembangunan di bidang perpustakaan terdiri dari 3 orang tim dewan juri yang di ketuai oleh Drs. H. Syafruddin Pernyata, M. Hum dengan anggota Taufik, S. Sos., M. Si dan Erma Wulandari, M. Si. Di hadapan tim dewan juri dan para undangan yang hadir kepala DKP Kab. Kukar Bapak Ir. H. Ahyani Fadianur Diani, M.M  memaparkan bahwa keberadaan perpustakaan sangat penting untuk penyediaan bahan bacaan yang berbasis pengetahuan, hiburan dan informasi bagi masyarakat dimana perpustakaan sebagai pusat ilmu pengetahuan. Pengembangan Program aplikasi di DKP Kab Kukar menggunakan Sistem layanan terpadu Inlislite dan bacaan digital ikukar sebanyak 2.500 judul buku yang bisa di unduh melalui Aplikasi Playstore. Sejak tahun 2020 DKP Kab. Kukar meluncurkan kegiatan literasi yang bertajuk Pelangi literasi yang berisikan berbaggai kegiatan seperti gelar buku dan pembinaan berbagai jenis perpustakaan di Kukar serta inovasi-inovasi layanan yang dikembangkan. Beberapa jenis inovasi perpustakaan yang sudah dilakukan antara lain literasi informasi kepustakawanan, inovasi Layanan Audio book/Buku Audio, inovasi Sinopsis koleksi bahan perpustakaan dan inovasi Story telling/Dongeng Virtual.

Dalam paparannya Kadis Perpustakaan menjelaskan tentang jumlah koleksi yang dimiliki DKP Kab. Kukar terdiri dari Koleksi Umum sebanyak 20.438 judul dengan jumlah buku sebanyak 33.066 eksemplar, Koleksi anak-anak sebanyak 3.287 judul dengan jumlah buku sebanyak 6.036 eksemplar, Koleksi Lokal sebanyak 76 Judul dengan jumlah buku sebanyak 166 eksemplar, Koleksi Buku Digital sebanyak 1.089 Judul dengan jumlah buku sebanyak 1.089 eksemplar dan Koleksi Khusus Disabilitas sebanyak 86 Judul dengan jumlah 93 eksemplar.

Untuk Indikator penilaian tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Untuk tahun ini lebih di titik beratkan kepada kualitas kinerja perpustakaan dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Namun dalam hal pengisian indikator penilaian tetap memperhatikan unsur penilaian secara kuantitas. Sehingga dengan kegiatan on the spot dan paparan dari Kepala Dinas Perpustakaan untuk melihat secara langsung ke lapanggan dan di kros chek dengan data pengisian indicator penilaian sehingga mendapatkan penilaian secara obyektif. Adapun Komponen indicator penilaian panji keberhasilan bidang perputakaan antara lain sebagai berikut :

  1. Indeks literasi dan indeks kegemaran membaca  apakah sudah dilakukan atau belum.
  2. Apakah didaerah sudah melaksanakan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) terhadap pelayanan perpustakaan
  3. Pembentukan kemitraan di daerah yaitu GPMB, IPI dan Atpusi
  4. Berapa jumlah perpustakaan yang telah dibina oleh Perpustakaan kab/kota.
  5. Jumlah penghargaan di bidang perpustakaan yang pernah di raih baik di tingkat provinsi maupun ditingkat nasional selama 3 tahun terakhir.
  6. Ada tidaknya regulasi daerah terkait bidang perpustakaan dan minat baca
  7. Pembudayaan kegemaran membaca masyarakat yang meliputi kegiatan lomba-lomba, sosialisasi, seminar ataupun lokakarya.
  8. Pengembangan SDM perpustakaan dalam hal keikut sertaan tenaga perpustakaan dalam bimtek/diklat dan sejenisnya
  9. Kelembagaan Dinas Perpustakaan yang terdiri dari SK Pendirian Perpustakaan dan Struktur organisasinya.
  10. Gedung/ruang perpustakaan
  11. Berapa jumlah tenaga pengelola perpustakaan dan jumlah pustakawan
  12. Apa Inovasi dari perpustakaan dalam menghadapi Pandemi Covid – 19
  13. Apa saja Program Inklusi Sosial yang sudah dilakukan oleh perpustakaan dalam 3 tahun terakhir.
  14. Kerjasama bidang perpustakaan yang telah dilakukan dengan pihak lain.
  15. Promosi perpustakaan jenis dan jumlahnya
  16. Akreditasi Perpustakaan.
  17. Koleksi buku
  18. Layanan perpustakaan
  19. Anggaran perpustakaan
  20. Program Strategis Perpustakaan dalam RPJM

Dengan kondisi geografis kabupaten kutai kertanegara yang sangat luas dengan 18 Kecamatan dan ratusan desa serta kondisi jalan yang masih kurang baik namum untuk pembinaan perpustakaan ke sekolah maupun ke perpustakaan desa tetap dilaksanakan, ujar Ahyani. Diakhir paparan kadis Perpustakaan Kab. Kukar menyatakanakan selalu berkomintmen mengembangkan perpustakaan di masa yang akan datang.

Peninjauan lapangan ini bukan hanya sekedar untuk penilaian panji keberhasilan saja namun juga sebagai pembinaan perpustakaan. Hal ini disampaikan Taufik dikala memberikan pertanyaan kepada Kadis Kab. Kukar. Beberapa pertanyaan yang dilontarkan Taufik mengenai tenaga pustakawan, untuk tenaga pustakawan harus dari sekarang dibuatkan formasi jabatannya untuk kenaikan pangkat/golongan dalam hal menduduki jenjang jabatan berikutnya. Misalnya untuk jenjang jabatan pustakawan terampil, 2-3 tahun yang akan datang setelah pustakawan terampil tersebut mengumpulkan angka kredit dan mengajukan dupak untuk kenaikan pangkat maka sebelum mengajukan kenaikan pangkatnya sudah ada formasi nya pada jenjang berikutnya sehingga pustakawan tersebut tidak terhambat kariernya.

(Wilis Dian_DPKD_Prov. Kaltim)

editor : andri P.

About admin

Check Also

Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 3 Samarinda Sambangi Arsip DPK Kaltim

Samarinda- Arsip DPK Kaltim kembali kedatangan tamu istimewa. Para siswa SD Muhammadiyah 3 Samarinda Sebrang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *