PENYERAHAN SERTIFIKAT AKREDITASI PERPUSTAKAAN MTsN 1 BALIKPAPAN

Samarinda, Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (BP3KM) Dinas Perpustakaan dan Kearispan Daerah Prov. Kaltim menerima kunjungan MTs Negeri 1 Balikpapan dalam rangka konusltasi pengelolaan perpustakaan dan minat baca yang dirangkai dengan kegiatan Penyerahan Sertifikat Akreditasi yang diterima langsung oleh Kepala Sekolah MTsN 1 Balikpapan pada Hari Senin (29/11/2021).

Kunjungan MTS N 1 Balikpapan diterima oleh sejumlah pejabat dilingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Prov. Kaltim diantaranya Plh. Kadis DPKD Prov. Kaltim dalam hal ini Kabid Deposit, Pelestarian, Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Pustaka Drs.Agustoni Tawakkaludin, M.Si, Kabid Layanan Otomasi dan Kerjasama Dra. Hj. E. Mustikawati, M.Si serta Kasi Pengembangan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Nikko Dwi Nanda Armanjaya, S.H.

Peserta yang hadir dari Sekolah MTsN 1 Balikpapan yairu : AI Rohaniah, Masryani, Wiwik,Herwanti, Nadira, Umi P, Fitri, Hasna.

Memasuki sesi diskusi dan tanya jawab pada Bidang P3KM  terkait minat baca yang dipandu langsung oleh Kasi Pengembangan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (P2KM) Nikko Dwi Nanda, Pustakawan, dan didampingi juga  JFU Pak Pramuhadi Karna dan Pinehas Sagala.

Dalam era global diperlukan perpustakaan sekolah yang prima berbasis standar (SNP, SNI dan standar teknis lainnya, termasuk memiliki NPP) yang terakreditasi. SNP adalah standar utama yang merupakan acuan mutu kelembagaan perpustakaan yang memuat kriteria minimal, yang digunakan sebagai ukuran atau acuan pokok dalam penyelenggaraan, pengelolaan, dan pengembangan  perpustakaan di Indonesia. Dimana perpustakaan yang menerapkan dan memenuhi standar nasional perpustakaan perlu melakukan penilaian kesesuaian (Skema LAP-N) untuk menentukan tingkat kinerja dan klasifikasi posisi perpustakaan yang bersangkutan yang dibuktikan dengan “Sertifikat Akreditasi”

Pada kesempatan tersebut, sekaligus diserahkan Sertifikat Akreditasi Perpustakaan Sekolah untuk Perpustakaan “Babul Ilmi” MTsN 1 Balikpapan, yang diterima langsung oleh Kepala Sekolah MTsN 1 Balikpapan (AI Rohaniah).

Adapun Standar Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah ini meliputi standar koleksi, sarana prasarana, layanan, tenaga, penyelenggaraan, pengelolaan, pengorganisasian bahan perpustakaan, anggaran, perawatan, kerjasama dan integrasi dengan kurikulum. Standar ini berlaku pada perpustakaan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah baik negeri maupun swasta.

(Ditulis Oleh : Pustakawan Ahli Muda, Sabariah, 29/11/2021)

Editor : andri P.

About admin

Check Also

Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 3 Samarinda Sambangi Arsip DPK Kaltim

Samarinda- Arsip DPK Kaltim kembali kedatangan tamu istimewa. Para siswa SD Muhammadiyah 3 Samarinda Sebrang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *