DIKLAT KEPALA PERPUSTAKAAN SEKOLAH, 13 – 24 DESEMBER 2021

Samarinda – Dalam rangka meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa serta untuk meningkatkan pengetahuan pengelola perpustakaan sekolah, Dinas Perpustakaan  dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur bekerjasama dengan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Prov. Kaltim dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI (Pusdiklat Perpusnas RI) melaksanakan  Diklat Kepala Perpustakaan Sekolah dengan pola 120 Jam

Diklat tersebut dilaksanakan mulai tanggal 13 – 24 Desember 2021 se Kalimantan Timur, bertempat di ruang Balai Pustaka lantai 2 gedung Perpustakaan Provinsi Kaltim Jl. Ir. H. Juanda No. 4 Samarinda. Diklat Kepala Perpustakaan Sekolah dilaksanakan oleh Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan  Kegemaran Membaca (BP3KM).

Peserta Diklat Kepala Perpustakaan Sekolah diikuti sebanyak 42 orang peserta dan sesuai Protokol Kesehatan (prokes) yang semua pesertanya dari sekolah yang ada di Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur. Diklat Kepala Perpustakaan Sekolah Ini dibuka secara resmi oleh Plt.Kadis Taufik, S.Sos, M.Si.

Peran perpustakaan di sekolah sangat dibutuhkan sebagai salah satu upaya untuk mencerdaskan  anak bangsa melalui penyelenggaraan perpustakaan yang sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (NSP) dengan di pimpin oleh Kepala Perpustakaan yang sangat penting perannya dalam memajukan perpustakaan di Sekolah.

Diklat Kepala Perpustakaan Sekolah menghadirkan narasumber dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI yaitu : Dr. Agus Supriana, M. Hum, Sujatna, S.Sos, M.Hum, Drs. Y. Yahyono, S.IP, M.Si, dan Fauzan, M. Hum.

Adapun narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Prov. Kaltim yaitu : Taufik, S.Sos, M.Si selaku Kabid P3KM, Kusiatun, S.Sos, M.Pd, Agus Said, S.Sos, Winda Hapiana, S.Pd, MM, dan Pustakawan UNI Samarinda dan Pustakawan Unmul Samarinda (Siti Fatimah, S.Ag. M.Hum dan Mustang, S.Sos, M.Si). Ketua GPMB (Drs. Syafrudin Pernyata, M. Hum), Pengurus GPMB Kaltim ( Fahrullah, S.Kom, S.IP, M.Kom) dan juga Pustakawan.

Materi yang disampaikan narasumber meliputi :

  1. Manajemen Startegi Pengembangan Perpustakaan Sekolah, B. Wawasan Kependidikan, C. Kepemimpinan dan Kewirausahaan, D.  Bidang Perpustakaan, E. Pengorganisasian Informasi, F. Layanan, Jasa dan Sumber Informasi, G. Teknologi Informasi untuk Perpustakaan Sekolah, H. Manajemen Pemasaran Perpustakaan Sekolah, I. Literasi Informasi, J. Komunikasi Interpersonal, K. Pelestarian Bahan Perpustakaan, L. Kompetensi Tenaga Perpustakaan dan Etika Profesi Kepustakawanan, M. Peningkatan Minat dan Gemar Membaca, O. Studi Banding Perpustakaan, dan P. Seminar Pengelolaan Perpustakaan Sekolah.

Perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar yang amat penting yang memungkinkan para tenaga kependidikan dan peserta didik memperoleh kesempatan untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan dengan membaca bahan perpustakaan yang ada di perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah sebagai salah satu komponen dalam sistem nasional perpustakaan mengemban fungsi sebagai pusat kegiatan belajar mengajar, pusat penelitian sederhana dan pusat membaca guna menambah ilmu pengetahuan dan rekreasi perlu terus menerus dibina serta dikembangkan dan mempunyai Kepala Perpustakaan Sekolah yang memiliki kompetensi untuk mengembangkan perpustakaan di sekolahnya itulah kuncinya.

                                                            Penulis : Sabariah, S.I.Kom

(Pustakawan Ahli Muda )

editor : Andri

(15/12/2021)

About admin

Check Also

Awali Tahun Baru, Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat Kaltim Meningkat 17.74 persen

Samarinda- Mengawali lembaran baru 2023, DPK Kaltim menerima kunjungan tim khusus tenaga ahli kajian IPLM …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *