TINGKATKAN KUALITAS DI TIAP DAERAH PERPUSNAS RI GELAR WORKSHOP AKREDITASI PERPERPUSTAKAAN TAHUN 2022

By Perpustakaan Nasional RI/Dinas Perpustakaan Prov. Kaltim, Kegiatan Workshop Akreditasi Perpustakaan  di Hotel Horizon Samarinda, Rabu-Kamis, 9 -10 Maret 2022, diikuti 40 peserta, Bidang Pengembangan Perpustakaan, DPKD, (Marthen Rumana)

Terselenggaranya kegiatan Workshop Akreditasi Perpustakaan menjadi langkah awal dari perjalanan Akreditasi Perpustakaan,  diharapkan dapat memotivasi sekolah atau jenis perpustakaan apapun sekaligus komponen penguat dalam kegiatan akreditasi perpustakaan. Workshop Akreditasi Perpustakaan tahun 2022 ini diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan daerah Prov. Kaltim di Hotel Horison Samarinda, Rabu Kamis, 9  – 10 Maret 2022.  Kegiatan ini menghadirkan dua Narasumber dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yakni Drs.Tisyo Haryono,MLS. Dan DR. Agus Rifai,PhD yang merupakan Asesor Pusat Perpustakaan Nasional RI. Tisyo Haryono selaku Asesor dan mewakili Perpusnas dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari workshop ini adalah untuk meningkatkan kemampuan perpustakaan di setiap daerah agar lebih berkualitas melalui akreditasi. Akreditasi merupakan amanah Undang Undang yang menyatakan bahwa perpustakaan harus memenuhi standar nasional agar pelayanannya lebih berkualitas. Namun sayangnya, ungkap Tisyo Haryono, dari 164 ribu perpustakaan hanya 10 ribu perpustakaan di seluruh Indonesia yang sudah terakreditasi.

Acara workshop akreditasi perpustakaan dihadiri oleh 40 peserta  se Kalimantan Timur, terdiri dari 19 Perpustakaan Sekolah, 17 Perpustakaan Umum, 3 Perpustakaan Tinggi dan 1 Perpustakaan Khusus. Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Bapak Taufik, S.Sos.M.Si. dalam sambutannya mengatakan masalah akreditasi perpustakaan ini sangat penting menjadi perhatian kita bersama mengingat Kalimantan Timur yang menjadi IKN yang memiliki wilayah yang sangat luas,  perpustakaan yang jumlahnya kurang lebih 2500 sementara yang sudah terakreditasi sekitar 170an. Hal ini menjadi PR kita bersama, khususnya pengelola perpustakaan yang ada di Kalimantan Timur. Oleh sebab itu kepada penyelenggara Workshop Akreditasi yaitu Perpustakaan Nasional agar bisa memberi kuota peserta workshop, yang lebih banyak supaya bisa mengakomodir pengelola perpustakaan di 10 Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur.

Dalam Acara Workshop ini kedua Narasumber memberikan bagaimana mengikuti dan  apa manfaat perpustakaan yang terakreditasi atau yang sudah menerapkan standar yang ditentukan oleh pemerintah, diantaranya SNI, SNP dan SKKNI. Selain itu peserta workshop dibekali bagaimana mempersiapkan dan melaksanakan akrediasi tahap demi tahap melalui prosedur pelaksanaan akreditasi.

Disesi terakhir, peserta diajak langsung praktek mengisi instrument akreditasi dan menghitung hasil akreditasi dari instrument yang diisi bersama dalam hal ini self asesmen. Peserta workshop sangat antusias mengikuti sampai akhir dan berharap bimbingan yang berkesinambungan demi tercapainya perpustakaan yang berstandar SNP seperti yang kita harapkan bersama. Penyelenggara workshop akreditasi perpustakaan mengharapkan semua perpustakaan yang ada di Kalimantan Timur berstandar nasional, menuju pelayana perpustakaan yang berkualitas yang dapat menunjang kesejahteraan  dan literasi masyarakat. Salam Literasi.

(Marthen Rumana).

editor : Andri

11 Maret 2022

About admin

Check Also

Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 3 Samarinda Sambangi Arsip DPK Kaltim

Samarinda- Arsip DPK Kaltim kembali kedatangan tamu istimewa. Para siswa SD Muhammadiyah 3 Samarinda Sebrang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *