Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Prov Kaltim Narasumber di Kegiatan Workshop Tata Naskah Dinas Surat Menyurat UNMUL

Universitas Mulawarman (UNMUL) menggelar Workshop Tata Naskah Dinas Surat Menyurat dengan menghadirkan Kepala Dinas Perpustakaan Dinas dan Kearsipan (DPKD) Provinsi Kalimantan Timur, Drs. H.M. Syafranuddin, M.M., dan Arsiparis Ahli Muda DPKD Provinsi Kaltim, Dewi Susanti, S.E., M.M., sebagai narasumber dalam kegiatan ini. Wakil Rektor Bidang Umum, SDM dan Keuangan, Dr. Ir. Abdunnur, M.Si mengatakan bahwa tata naskah dinas terkait surat menyurat menjadi hal yang sangat penting.

Sehingga, kehadiran dua narasumber dari DPKD Provinsi Kaltim akan membantu kita dalam mendokumentasikan seluruh naskah dinas dengan baik secara benar dan tepat. “Ini adalah salah satu pesan dari Pemerintah Pusat mengenai pentingnya dokumentasi naskah dinas kearsipan ini dilakukan. Kita juga ingin membuat standar dan training untuk penulisan surat secara digital dengan menggunakan barcode,” jelas Dr. Abdunnur.

Dalam Peraturan Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pedoman Umum Tata Naskah Dinas disebutkan bahwa terdapat jenis, susunan dan bentuk naskah dinas yang beberapa di antaranya adalah Naskah Dinas Arahan, Naskah Dinas Pengaturan, Naskah Dinas Penetapan, Naskah Dinas Penugasan, Naskah Dinas Korespondensi dan Naskah Dinas Khusus.

Di jelaskan juga melalui Bab III Pembuatan Naskah Dinas Pasal 53 pada poin B yang menjelaskan pembuatan naskah dinas perlu memperhatikan prinsip bentuk, susunan, pengetikan, isi, struktur dan kaidah Bahasa yang menggunakan Bahasa yang formal, logis, efektif, singkat padat dan lengkap sehingga mudah untuk dipahami. Dan di perkuat melalui Pasal 54 ayat 1 bertuliskan pembuatan naskah dinas dapat menggunakan media rekam kertas, atau media rekam elektronik.

Seiring dengan berkembangnya masa dan saat ini beberapa kegiatan masih dibatasi karena lonjakan jumlah pasien COVID-19, tentu dengan adanya workshop ini akan membantu para Sivitas Akademika UNMUL untuk dapat menyesuaikan penulisan naskah dinas surat menyurat melalui narasumber yang telah meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu serta pengalaman mereka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur.

Workshop ini juga di hadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Dekan Fakultas Kedokteran, Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Para Wakil Dekan, Asisten Direktur II Pascasarjana,  Kepala UPT TIK, Koordinator Unit Layanan Terpadu,  dan beberapa pejabat serta staf lainnya di Lingkungan UNMUL. (Tim Humas DPK)

About admin

Check Also

Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 3 Samarinda Sambangi Arsip DPK Kaltim

Samarinda- Arsip DPK Kaltim kembali kedatangan tamu istimewa. Para siswa SD Muhammadiyah 3 Samarinda Sebrang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *