WORKSHOP PEGIAT LITERASI KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2022

Samarinda – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Kaltim, H.M. SYAFRANUDDIN memberikan sambutan sekaligus membuka acara kegiatan ” WORKSHOP PEGIAT LITERASI KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2022 ” dengan tema “Bersama Membangun Budaya Baca Menuju Masyarakat Kaltim Yang Literat” di Hotel Harris Samarinda, Rabu (31/08/2022).

Narasumber kegiatan ini menampilkan pegiat Literasi dari Perpustakaan Nasional RI, BPK Dr.Adin Bondar, M.Si., Ketua GPMB, Bunda Literasi Kota Bontang, Duta Baca Kaltim, Kabid BP3KM DPK Prov.Kaltim. Pembicara dibagi dalam 3 kelompok yang dipandu oleh 3 Moderator dengan peserta 65 org berasal dari pegiat Literasi, Pustakawan, Mahasiswa, pelajar dan praktisi perpustakaan.

Kutipan Kesimpulan dari semua Narsumber, yaitu :

1. Literasi Berbasis Inklusi Sosial harus melibatkan masyarakat.

2. Orang-orang yang terlibat dalam “Pegiat Literasi” harus CERDAS bukan PINTAR. Cerdas mencakup : Intelektual, Emosional dan Spiritual. Sedangkan Pintar hanya Intelektual yang ditandai dengan sederet gelar Akademik.

3. Seorang Pemimpin Perpustakaan, baik Perpustakaan Nasional, Umum, Sekolah/Madrasah, Perguruan Tinggi dan Perpustakaan Khusus haruslah orang yang “CERDAS” karena dibutuhkan “SKILL COMUNICATION” yang bisa membangun hubungan (jejaring) antar stakeholder dalam melaksanakan fungsi “Pengembangan Perpustakaan”

4. Pegiat literasi harus berani “berbuat” (DONE) apapun hasilnya karena dengan berbuat ada 2 kemungkinan : berhasil dan gagal. Jika tidak berani berbuat dipastikan Gagal.

About admin

Check Also

Adji Zahra Mahdiyyah Pelajar MAN Berau Juara Lomba Literasi Tingkat SMA Kaltim 2022

Samarinda – Adji Zahra Mahdiyyah Siswi pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Berau dinobatkan sebagai juara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *