Bimbingan Teknis Aplikasi Inlislite di Perpustakaan SMP 5 Samarinda

Samarinda – Sistem otomasi perpustakaan merupakan aplikasi atau penerapan teknologi informasi dan komunikasi pada perpustakaan secara keseluruhan maupun pada bidang-bidang tertentu saja yang dapat mengurangi partisipasi manusia dalam hal ini pustakawan maupun petugas pengelola perpustakaan dalam melakukan pekerjaan atau kegiatan sehari-hari perpustakaan.

Perpustakaan sekolah merupakan sebuah layanan yang disediakan oleh pihak sekolah guna menunjang aktivitas belajar dan mengajar dari Pendidikan tingkat TK, SD, SMP dan SMA. Pengguna dari perpustakaan sekolah adalah warga sekolah yang berada dalam lingkungan sekolah seperti guru, staf dan siswa siswi.

Perpustakaan SMP Negeri 5 Samarinda mengambil sebuah langkah inisiatif untuk mengelola Perpustakaannya  dengan sistem Otomasi Perpustakaan berbasis aplikasi Inlislite guna meningkatkan mutu layanan perpustakaan serta dalam kerangka mempersiapkan akreditasi perpustakaan sekolah.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltim sebagai instansi Pembina perpustakaan di tingkat daerah memfasilitasi untuk memberikan bimbingan teknis dan instalasi aplikasi Inlislite versi 3.2. Kegiatan Bimbingan teknis dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Kaltim dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 10 sampai 12 Oktober 2022 di Ruang Perpustakaaan SMP Negeri 5 Jl Ir Juanda No.18 Samarinda.

Pada kegiatan tersebut hadir secara langsung memberikan materi dan praktek Staf Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Kaltim adalah Yenniwati (Pustakawan)dan Rafi Ichsanul Iqbal (Pengelola IT Layanan Perpustakaan) yang diterima oleh Kepala Perpustakaan SMP N 5 Samarinda Ibu Suyana Didampingi pengelola perpustakaan Ibu Rahma beserta Ibu Hasbi dan Ibu Rizki. Memasuki hari ke dua Bimbingan teknis, tim telah merampungkan proses integrasi pemindahan data base siswa siswi SMP N 5 Samarinda menjadi anggota perpustakaan SMP N 5 Samarinda.

Lebih lanjut, pengelola perpustakaan SMPN 5 Samarinda juga memperoleh informasi tentang tata cara penginputan dan pengolahan Buku Bahan Pustaka mulai dari menentukan subjek dan nomor panggil berdasarkan klas DDC, proses sirkulasi peminjaman dan pengembalian, serta tata cara tentang pembuatan kartu anggota perpustakaan. (Humas DPK Kaltim)

About admin

Check Also

Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 3 Samarinda Sambangi Arsip DPK Kaltim

Samarinda- Arsip DPK Kaltim kembali kedatangan tamu istimewa. Para siswa SD Muhammadiyah 3 Samarinda Sebrang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *