Pelatihan Kepala Perpustakaan Sekolah Tahun 2022

Samarinda – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Timur menyelenggaran Pelatihan Kepala Perpustakaan Sekolah Pola 120 Jam Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2022. Pelaksanaan dijadwalkan selama 11 hari dari tanggal 31 Oktober sampai dengan 11 November 2022, bertempat di Hotel Horison Lantai 3 ruang Apokayan.

Dalam Acara Pembukaan Kepala Perpustakaan Sekolah ini dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur Drs. H.M. Syafranuddin, MM sekaligus sebagai Ketua Penyelenggara, Taufik, S. Sos., M. Si, Rusmawati, S.Pd., M. Si, Dra. Jumiaty, Nikko Dwi Nanda Armanjaya, SH, Siti Djaitun, S. Sos., M. Si (dari BPSDM Prov. Kaltim), Dra. Midawaty (BPSDM Prov Kaltim), Sudarwanto, S.Sos (Kepala Bidang Pengembangan ASN Badan Kepegawaian Daerah Prov. Kaltim) serta para Undangan.

Pelatihan Kepala Perpustakaan Sekolah ini dibuka secara resmi Assisten III Provinsi Kaltim mewakili Wakil Gubernur. Acara dibuka pada hari Senin, 31 Oktober 2022 bertempat di Hotel Horison Lantai 3 ruang Apokayan. Pelatihan Kepala perpustakaan sekolah ini diperuntukkan bagi pengelola perpustakaan Sekolah dan Calon Kepala Perpustakaan Sekolah. Peserta diikuti sebanyak 40 peserta terdiri dari Perpustakaan Sekolah Negeri maupun Swasta yang terdiri dari Perpustakaan SD sebanyak 6 Sekolah, perpustakaan tingkat Sekolah Menengah Pertama sebanyak 9 sekolah, peserta dari tingkat Sekolah Menengah Atas sebanyak 5 sekolah, peserta tingkat SMK sebanyak 19 sekolah dan peserta dari Madrasyah Aliah Negeri sebanyak 1 sekolah.  Peserta terdiri dari 9 kabupaten yang ada di Kalimantan Timur.

Dalam kesempatan ini sambutan dari Kepala Pusat pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional Bapak Drs. Teguh Purwanto, S.IP., M.Si menyampaikan Perpustakaan sekolah memiliki peran penting dalam membangun akar literasi masyarakat, karena siswa sekolah merupakan generasi penerus yang sangat penting bagi pembangunan bangsa. Untuk itu peran perpustakaan sekolah diharapkan dapat seoptimal mungkin untuk mendorong siswa untuk membaca di perpustakaan. Untuk itu, pembangunan kompetensi dalam pengelolaan perpustakaan bagi kepala perpustakaan sekolah merupakan hal yang sangat penting bagi kemajuan dunia perpustakaan khususnya perpustakaan sekolah.

Jumlah perpustakaan sekolah mencapai 113.541 unit. Sementara kapasitas kuota diklat yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Perpustakaan Nasional hanya sekitas 240 orang pertahunnya.

Sehingga Pusdiklat Perpustakaan Nasional sangat menyambut baik diselenggarakannnya Pelatihan Kepala Perpustakaan Sekolah yang diinisiasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan timur.

Pelatihan Kepala Perpustakaan Sekolah ini diharapkan ilmu yang diperoleh dapat meningkatkan indeks Literasi Masyarakat melalui pemanfaatan perpustakaan sekolah yang optimal bagi civitas akademik di sekolah, membangun kegemaran membaca di sekolah dan peningkatan indeks pembangunan literasi masyarakat melalui perpustakaan sekolah. Diharapakan target Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat pada tahun 2024 sebesar 15,0 dapat tercapai.

Adapun peningkatan kompetensi Pelatihan ini adalah upaya untuk mempersipakan dan menjawab tantangan pentingnya kualitas SDM unggul yang memiliki kemampuan adaptasi teknologi guna mendukung pelaksanaan transformasi ekonomi berbasis digital. Perpustakaan Nasional juga mengembangkan 5 (lima) tingkatan literasi yaitu : pertama : kemampuan baca, tulis, hitung, sains dan pembentukan karakter bangsa, kedua : kemampuan akses bahan bacaan yang akurat terkini dan terlengkap dan terpercaya, ketiga : memahami apa makna yang tersirat dari yang tersurat, keempat : kemampuan mental yang kuat, karakter yang tangguh, inovasi, kreatifitas sebagai antisipasi terhadap perkembangan teknologi informasi dan perubahan yang sangat cepat, kelima : memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dapat diimplementasikan untuk menciptakan barang dan jasa yang dapat digunakan dalam kompetensi global.

Adapun Pengajar berasal dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional sebanyak 8 orang pengajar dan 3 orang pengajar Lokal.

Materi Kelompok Dasar terdiri dari Manajemen Strategis Pengembangan Perpustakaan Sekolah, Wawasan Pendidikan Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Kepemimpinan dan Kewirausahaan (Entrepreneuship) Bidang Perpustakaan.

Materi Kelompok Inti terdiri dari Pengembangan Koleksi Perpustakaan sekolah, Pengorganisasian informasi, Layanan jasa dan Sumber Informasi, Literasi Informasi, Manajemen Pemasaran Perpustakaan sekolah, Teknologi informasi untuk perpustakaan sekolah, komunikasi interpersonal, pelestarian bahan perpustakaan, Kompetensi Tenaga perpustakaan dan Etika Profesi Kepustakawanan, Peningkatan Minat dan Gemar membaca dan Praktik kerja perpustakaan sekolah.

Matei Penunjang Pelatihan kepala Perpustakaan Sekolah yaitu Studi banding perpustakaan sekolah, Seminar Pengelolaan Perpustakaan sekolah dan Evaluasi baik itu Pre Test maupun Post Test.

Report dan Foto : Wilis Dian Shinta

Editor : Andri

About admin

Check Also

Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 3 Samarinda Sambangi Arsip DPK Kaltim

Samarinda- Arsip DPK Kaltim kembali kedatangan tamu istimewa. Para siswa SD Muhammadiyah 3 Samarinda Sebrang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *