Untuk Para Juara Lomba Kepustakawanan, Kadis DPK Minta Jangan Cepat Berpuas Diri

Samarinda – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kalimantan Timur Syafranuddin memberikan penganugerahan penghargaan lomba peningkatan literasi masyarakat dan kepustakawanan tingkat provinsi Kaltim tahun 2022.

Acara tersebut merupakan rangkaian puncak perlombaan dari penulisan resensi buku dan lomba bertutur, dengan diikuti kalangan pelajar dari tingkat SD/MI dan SLTS tersebut berlangsung di Ruang Odah Etam, Rabu (9/11).

Syafruddin mengapresiasi dan menyampaikan selamat kepada semua peserta yang mendapatkan gelar juara terbaik dan harapan. Karena semua peserta yang mengikuti lomba kali ini menurutnya sangat menunjukkan penampilan yang bagus.

“Jadi ini membuktikan bahwa pelajar yang ada di Kaltim membuktikan kesukaannya atas budaya literasi. Seperti juara pertama dari lomba bertutur diraih siswa dari SD 2 YPK Bontang bernama Beliamor Bramantyo dengan judul cerita orang basap dan lomba penulisan resensi buku yang diraih siswi dari sekolah MAN Berau Adji Zahra Mahdiyyah,” terangnya.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada semua pelajar yang menjadi peserta. Terutama kepada pelajar yang menjadi juara agar terus berlatih jangan puas diri. Karena perjuangan tidak sampai di sini saja, akan nada lomba tingkat nasional lagi ke depannya,” sambungnya.

Adapun jumlah peserta dari empat kategori yang dilombakan antara lain, perpustakaan SLTA terbaik dengan diikuti sebanyak 19 perpustakaan SLTA dari 10 Kabupaten dan kota se-Kaltim.

Lomba perpustakaan umum desa terbaik diikuti sebanyak 15 perpustakaan umum desa kampung dari 9 Kabupaten dan kota se-Kaltim. Lomba bertutur bagi siswa SD/Madrasah Ibtidaiyah diikuti sebanyak 8 orang peserta yang merupakan perwakilan juara masing-masing kabupaten dan kota se-Kaltim dan lomba penulisan resensi buku bagi pelajar SLTA diikuti sebanyak 43 peserta.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga mengapresiasi Komisi IV DPRD Kaltim yang telah membantu mengembangkan perpustakaan di Kaltim. “Karena kita ketahui bersama Kaltim menjadi Ibu kota negara (IKN) baru. Sehingga melalui literasi kita akan unggul dalam menumbuhkan minat baca pada kalangan pelajar. Karena dari merekalah nantinya generasi penerus masa akan datang akan hadir dengan wawasan yang cerdas untuk membangun negeri,” imbuhnya.

Selain itu, Sekretaris Komisi IV DPRD Kaltim, Salehuddin turut mengapresiasi DPK Kaltim, peserta baik dari kalangan pelajar, masyarakat hingga instansi terkait.

“Harapan saya ke depan mungkin tidak hanya di per satu tahun kegiatan seperti ini dilaksanakan. Tapi kalau perlu di Kabupaten dan kota diadakan kegiatan yang sama. Jadi sebelum mengikuti kegiatan di tingkat provinsi, mereka yang ada di Kabupaten juga menggelar kegiatan yang sama dalam penjaringan juara,” harapnya. (Tim Humas DPK Kaltim)

About admin

Check Also

Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 3 Samarinda Sambangi Arsip DPK Kaltim

Samarinda- Arsip DPK Kaltim kembali kedatangan tamu istimewa. Para siswa SD Muhammadiyah 3 Samarinda Sebrang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *