Kunjungi Perpusnas, Peserta Wisata Literasi Senang

Samarinda – Antusias pemenang lomba Literasi Tahun 2022 melihat Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI dan Perpustakaan Taman Ismail Marzuki (TIM) milik Pemprov Kaltim,tinggi. Saat menyaksikan audio visual yang disajikan Perpusnas, peserta wisata literasi tampak terpesona. “Memang luar biasa, semua lengkap dan mengasyikan,” kata Bramantyo – Pelajar SD 2 YPK Bontang, Kamis (10/11)

Pemenang lomba bertutur ini mengungkapkan Perpusnas membuatnya tambah semangat untuk menggali literasi agar bisa menjadi duta Kaltim di Lomba Bertutur Nasional.”Sayang belum ada lomba bertutur nasional,” kata Bram yang menjadi juara pertama di lomba literasi Kaltim bercerita tentang Suku Basab.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim M Syafranuddin yang mendampingi peserta Wisata Literasi Kaltim, berharap melalui wisata literasi wawasan peserta lomba semakin luas serta memotivasi peserta lainnya yang belum meraih prestasi lebih meningkatkan kemampuannya. “Wisata literasi ini terus dilaksanakan, tujuannya memotivasi peserta untuk lebih menggali literasinya agar lebih luas wawasannya yang pada akhirnya berdampak peningkatan kualitas SDM Kaltim,” tandas Syafranuddin.

Dalam kunjungan ke Perpusnas RI yang berlakosi di Jalan Medan Merdeka Selatan Jakarta atau tepatnya dekat dengan Istana Wapres RI, rombongan wisata literasi Kaltim diterima Agus Sutoyo sebagai Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara.

Dalam pertemuan di ruang theater itu, Agus dengan detail menerangkan fungsi serta keberadaan Perpusnas sebagai perpustakaan tertinggi di dunia. “Pengunjung diberikan kebebasan dan gratis untuk memanfaatkan fasilitas yang ada, namun kesemuanya untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung,” ungkap Agus seraya menambahkan fungsi perpustakaan sudah mengalami perubahan signifikan.

Agus berharap Perpustakaan di Kaltim juga melakukan revitalisasi gedung dan sarananya agar pengunjung lebih nyaman dan betah selama berada di perpustakaan. “Jadikan perpustakaan tempat wisata leterasi yang menarik, namun akhirnya meningkatkan kualitas SDM anak bangsa,” pesannya sebelum peserta wisata melakukan kunjungan dari lantai ke lantai termasuk melihat Monas dari lantai 24 gedung Perpusnas.

Report : (Tim Humas – IT DPK)

Editor : Andri

About admin

Check Also

Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 3 Samarinda Sambangi Arsip DPK Kaltim

Samarinda- Arsip DPK Kaltim kembali kedatangan tamu istimewa. Para siswa SD Muhammadiyah 3 Samarinda Sebrang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *