Terkesima Lihat Perpusatakaan DKI Jakarta

Samarinda – Setelah mengunjungi Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Kamis (10/11), rombongan wisata literasi Kaltim yang dipimpin Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim M Syafranuddin, Jumat (11/11) mengunjungi Perpustakaan Pemprov DKI di Jalan Cini Raya Jakarta.

Perpustakaan HB Jassin di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta ini, dari luar tampak megah. menambah kekaguman peserta wisata literasi yang berjumlah 40 orang diantaranya pemenang lomba Literasi Kaltim Tahun 2022. Setiba gedung yang baru beroperasi bulan Juli 2022 ini, rombongan disuguhi pemandangan luar biasa. “Gedungnya megah sekali, cantik lagi,” sebut Adji Zahra Mahdiyyah – Pelajar MAN Berau.

Sebelum melakukan tour di Perpustakaan HB Jassin, rombongan diterima Ira – Pustakawan Perpustakaan HB Jassin. Hanya bertemu beberapa menit, Ira bersama pustakawan lainnya langsung mengajak warga Kaltim ini berkeliling namun belum lama berada di ruang layananan, perhatian anggota rombongan sepertinya terpecah-pecah melihat koleksi dan kondisi ruangan yang tertata apik.

Namun dari beberapa ruangan yang dikunjungi, semua rombongan terkesima dengan ruang khusus difabel dimana mereka langsung dilayani pegawai Perpustakaan HB Jassin yang juga mengalami gangguan penglihatan.

Meski demikian, kepada rombongan yang tidak saja pemenang lomba tetapi sejumlah pustakawan pada DPK Kaltim, Kabupaten dan Kota se Kaltim serta dua orang wartawan, dua petugas meski dalam keadaan penglihatan terbatas dengan ramah dan cekatan menjelaskan fungsi peralatan yang mereka fungsinya jika ada pengunjung berkebutuhan khusus. “Sejumlah buku telah direkam dan dijadikan literatur bagi pengunjung berkebutuhan khusus,” terang Ira.

Perpustakaan milik Pemprov DKI Jakarta ini dipugar habis-habisan semasa kepemimpinan Anies Baswedan. Perpustakaan yang tampak menjulang tinggi ke langit ini, dijelaskan Ira kini menyimpan lebih 138 ribu judul buku termasuk karya sastrawan ternama diantaranya HB Jassin.

“Konsepnya, pengunjung dibuat nyaman selama berada di sini, lihat saja bagaimana pengunjung di sini saat melahap buku-buku mereka,” beber Ira seraya memperlihatkan berbagai gaya pemusaka ketika sedang membaca buku pilihannya.

Report : (Tim IT – Humas DPK)

Editor : Andri

About admin

Check Also

Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 3 Samarinda Sambangi Arsip DPK Kaltim

Samarinda- Arsip DPK Kaltim kembali kedatangan tamu istimewa. Para siswa SD Muhammadiyah 3 Samarinda Sebrang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *