Awali Tahun Baru, Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat Kaltim Meningkat 17.74 persen

Samarinda- Mengawali lembaran baru 2023, DPK Kaltim menerima kunjungan tim khusus tenaga ahli kajian IPLM dan TGM Universitas Mulawarman, pada Rabu (4/1/2023). Agenda yang turut dihadiri beberapa OPD se-Kalimantan Timur tersebut diselenggarakan di Lantai 2, Ruang Balai Pustaka, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltim. Kegiatan dimulai pukul 13.00 WITA tersebut dipimpin oleh Kabid BP3KM, Taufik S.Sos, M.Si.

Kedatangan tim tersebut bukan tanpa sebab. Tim khusus yang diketuai oleh Dr. M. Fathurrahman S.Si, M.Si tersebut menjabarkan hasil kajian satu tahun bertajuk “Expose Hasil Pengkajian Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan Tingkat Gemar Membaca (TGM) Provinsi Kaltim 2022”.

Agenda berlangsung secara hybrid dengan sebagian peserta jarak jauh mengikuti melalui aplikasi tatap muka Zoom.
Tim khusus yang telah melakukan pengawasan dan kajian selama satu tahun penuh pada 2022 , menjabarkan data IPLM dan TGM Kaltim yang berstatus “sedang”.

Terdapat peningkatan pada pemerataan layanan perpustakaan pada 2022 dengan nilai 0.300 dari 0.087 dibanding nilai setahun sebelumnya pada 2021. Kenaikan mencapai 17.74 persen. IPLM dan TGM turut merincikan rata-rata membaca masyarakat Kaltim berdurasi 1-2 jam per minggunya dengan jumlah bacaan 3 jenis bacaan variatif.

Hal tersebut merupakan kabar yang cukup menggembirakan dalam meningkatkan serta membudayakan minat baca pada masyarakat Kaltim. Kabid BP3KM DPK, Taufik, menyambut baik hasil kajian tersebut. Ia berharap hasil kajian dapat menjadi acuan untuk aktualisasi OPD terhadap literasi guna lebih baik lagi.

“Data-data tersebut bisa menjadi penggerak untuk masing-masing OPD untuk mengambil kebijakan dalam pembinaan perpustakaan masing,” pungkasnya.

Sumber: Humas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov Kaltim

About admin

Check Also

Penting Diterapkan, DPK Kaltim Gelar Sosialisasi SKP Melalui Aplikasi E-Kinerja bersama BKD Kaltim

Samarinda– Kuatkan internal pegawai tanggap dan berkomitmen dalam mengisi Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) di lingkungan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *